logo.png

Jumlah Pengusaha di Kediri Meningkat Sesuai Hasil SE 2016


KBRN, Kediri: Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri menyatakan hasil sementara Sensus Ekonomi (SE) Tahun 2016 mencatat jumlah pengusaha di Kota Kediri meningkat per semester I tahun ini.

"Peningkatan jumlah pengusaha itu mampu melebihi pencapaian pada Sensus Ekonomi Tahun 2006," kata Kepala Seksi Statistik dan Distribusi BPS Kota Kediri, Lulus Haryono, di Kediri, Minggu (12/6/2016).

Meski demikian, jelas dia, BPS Kota Kediri belum bisa memberikan data pasti terkait berapa jumlah peningkatan pengusaha di Kota Tahu itu. Hal tersebut dikarenakan pengumuman resmi hasil SE 2016 akan dipublikasikan oleh Presiden RI, Joko Widodo secara serentak pada bulan Agustus mendatang.

"Walau begitu, peningkatan jumlah pengusaha di kota ini lebih dipicu semakin berkembangnya perekonomian di wilayah itu," katanya.

Dengan demikian, optimistis dia, di kota ini kian banyak ditemukan lapangan pekerjaan baru. Bahkan mampu menyerap sejumlah pekerja lokal.

"Di sisi lain, hingga berakhirnya masa pendataan SE 2016 maka realisasinya sudah mencapai 100 persen," katanya.

Performa tersebut, lanjut dia, tak lepas dari kinerja petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016 di mana di kota ini berjumlah 575 orang. Mereka menyebar di sejumlah titik perekonomian seperti pasar tradisional, pusat perbelanjaan, hingga pelosok desa. (AC/AKS)


Sumber : rri.co.id