logo.png

Wali Kota Kediri Menghimbau Kader Posyandu Lansia Meningkatkan Kinerja


KBRN, Kediri: Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri memberikan apresiasi sangat besar terhadap performa para kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) baik yang melayani sejumlah bayi di bawah lima tahun (balita) maupun lanjut usia (lansia).

"Apalagi, di kota ini selain terdapat Posyandu untuk balita juga terdapat Posyandu Lansia.  Artinya Posyandu dengan mereka yang telah berusia 60 tahun ke atas," kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, di Kediri, Kamis (16/6/2016).

Bahkan, jelas Abdullah, sampai sekarang jumlah Posyandu untuk balita di Kota Kediri mencapai 339 Posyandu. Layanan tersebut dikelola oleh 1.696 Kader Posyandu balita.

"Sementara, di daerah ini juga menyebar sebanyak 142 Posyandu Lansia dan selama ini dikelola 769 Kader," ujarnya.

Dia menambahkan, hingga kini peran kader Posyandu sangat besar bagi perkembangan dunia kesehatan di Kota Tahu. Selama ini mereka telah memberikan tenaga dan pikirannya bagi masyarakat. Hal itu akan memberikan kontribusi yang positif untuk kemajuan Posyandu.

"Kami meyakini seluruh kader Posyandu balita dan lansia dapat meningkatkan kinerjanya sehingga bisa membawa Posyandu semakin baik ke depan," katanya.

Dia berharap, kader Posyandu balita dan lansia dapat berkoordinasi dengan kader jumantik (juru pemantau jentik). Tujuannya, agar kesehatan masyarakat di kota ini semakin terjaga secara menyeluruh.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Sentot Imam Suprapto, mengemukakan, rencananya terkait peningkatan honor para kader Posyandu di area kerjanya. Saat ini, rencana itu baru sebatas usulan dan diharapkan bisa terwujud pada tahun 2017.
 
"Kenaikan honor tersebut, dikarenakan hingga sekarang besaran honor masing-masing kader posyandu senilai Rp50.000 per bulan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, biasanya saat kegiatan Posyandu digelar mereka secara inisiatif mengeluarkan dana sendiri untuk membeli atau membuat makanan ringan bagi anak-anak. Misalnya, bubur kacang hijau. Upaya tersebut dilakukan supaya anak-anak semakin betah dan nyaman saat memeriksakan kesehatannya di Posyandu. (AC/AKS)


Sumber : rri.co.id