logo.png

Cegah Kasus Anak Terulang Kota Kediri Bentuk Satgas Perlindungan Hingga Tingkat Kelurahan


Surya Malang

Cegah Kasus Anak Terulang, Kota Kediri Bentuk Satgas Perlindungan Hingga Tingkat Kelurahan
 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
 
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Kota Kediri membentuk satuan tugas (satgas) perlindungan anak dari kejahatan seksual untuk mengantisipasi terulangnya kembali kasus Sony Sandra.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyebutkan, pembentukan satgas ini diharapkan dapat memberikan perlindungan yang maksimal kepada anak-anak dari tindak kejahatan seksual.

"Kami memberikan upaya yang terbaik bagi perlindungan anak-anak dari korban kejahatan seksual," ungkap Abdullah Abu Bakar usai salat Jumat di Masjid Pemkot Kediri, Jumat (17/6/2016).

Pembentukan satgas merupakan tindaklanjut dari Instruksi Wali Kota Kediri No 188.55/1/419.16/2016 tentang Gerakan Masyarakat Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak (GM AKSA).

Tugas satgas ini untuk mengambil langkah yang diperlukan dalam rangka pencegahan dan pemberantasan kejahatan seksual terhadap anak melalui GM AKSA yang melibatkan masyarakat dan dunia usaha.

Satgas di tingkat kecamatan dan kelurahan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, unsur TNI dan Polri, seksi transtib, seksi kesejahteraan sosial. Babinsa, Babinkamtibmas dan perwakilan puskesmas.

Tugas satgas ini melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan perlindungan anak di setiap kelurahan. Selain itu membuat laporan setiap 3 bulan sekali kepada Walikota kasus yang menonjol.

Sementara kepada para lurah juga diminta untuk melakukan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan dalam upaya perlindungan anak berbasis masyarakat.

Termasuk menyebarkan informasi dan edukasi tentang pencegahan kejahatan seksual terhadap anak kepada masyarakat.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com