logo.png

Rasio Peserta PPDB di SMK Negeri Kediri Berimbang


Rasio Peserta PPDB di SMK Negeri Kediri Berimbang

Ilustrasi

KEDIRI (BM) - Ratusan siswa berseragam putih biru memadati halaman tiga sekolah kejuruan negeri di Kota Kediri, sejak pukul 06.00, Senin (20/6). Karena, saat itu adalah hari pertama pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB).
 
Sementara, Kabupaten Kediri jadi penyumbang mayoritas calon peserta didik SMK negeri di Kota Kediri. Sama seperti tahun kemarin, peminat SMK mayoritas masih dari lulusan SMP luar Kota Kediri.
 
Namun menurut Totok Sunaryanto, sebagai Wakil Kepala Kesiswaan SMK Negeri 2 Kediri, tahun ini rasio antara siswa luar kota dan dalam kota sudah mulai berimbang. 
 
“Kalau biasanya perbandingannya 20 persen lulusan SMP kota, 80 persen luar kota. Tapi saat ini, dalam kota sekitar 40 persen,” ujar Totok.
 
Totok menambahkan, tidak ada perbedaan di antara pendaftar dari SMP dalam kota maupun luar kota. Semuanya akan menjalani proses seleksi yang sama.  Hal yang membedakan nantinya justru pada domisili para siswa. 
 
Bagi siswa yang berdomisili di Kota Kediri, mereka harus menyertakan foto kopi Kartu Keluarga) untuk pendataan. 
 
 “Nanti saat mereka diterima yang warga Kota Kediri mendapatkan bantuan sementara. Tapi untuk warga kabupaten atau kota lain tidak. Ini untuk mempermudah kita mendata saja,” kata Totok. (roj/nov)

Sumber : beritametro.co.id