logo.png

Jelang Lebaran Disperindag Kediri Sidak ke Sejumlah SPBU


Jelang Lebaran, Disperindag Kediri Sidak ke Sejumlah SPBU

Pihak Disperindag Kota Kediri saat melakukan sidak SPBU bersamaan dengan OP digelar beberapa waktu lalu.

KEDIRI (BM) - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, belum ada temuan pelanggaran yang dilakukan sejumah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) terkait isi dan takarannya. Hal itu, diketahui dari hasil sidak.
 
Memang, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Kediri, telah memulai sidak ke sejumlah SPBU di wilayah Kota Kediri sejak tanggal 16 Juni. Hingga saat ini, pihak dusperindag belum menemukan ada kecurangan.
 
“Hingga saat ini, semua SPBU masih dalam batas toleransi,” ungkap Dwi Rachman selaku Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Kediri.
 
Berbeda dengan tahun lalu, sidak yang dilakukan saat ini bersifat spontan. Kebetulan bersamaan dengan kegiatan Operasi Pasar (OP) yang dilakukan disperindag yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).
 “Setelah selesai OP, kami selanjutnya melakukan sidak di sejumlah SPBU,” katanya.
 
Dengan model sidak spontanitas tersebut, menurut dia akan memberikan keefektifan hasilnya. Itu dikarenakan pihak SPBU tidak mendapatkan bocoran mengenai jadwal akan diadakannya sidak itu. “Ini memperkecil peluang SPBU yang curang untuk mengakali petugas sidak,” terang Dwi.
 
Tetapi dengan adanya progam OP, pihak disperindag mengakui kewalahan dalam menjalankan sidak. Hal tersebut, dikarenakan OP yang dilakukan cukup menguras tenaga.
 
“OP dimulai sejak pukul 07.00, selesai biasanya mendekati jam 12.00. Kemudian, kami langsung melakukan sidak ke sejumlah SPBU,” imbuhnya. (roj/nov)

Sumber : beritametro.co.id