logo.png

Dinas Pendidikan Kediri Siapkan Sanksi Jika Ada Pungutan ke Siswa Baru


Surya Malang

Dinas Pendidikan Kediri Siapkan Sanksi Jika Ada Pungutan ke Siswa Baru
 
SURYA/Didiik Mashudi
 
Drs Siswanto 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Dinas Pendidikan Kota Kedirisecara tegas telah melarang berbagai pungutan yang masih dibebankan kepada peserta didik baru di sekolah negeri. Bagi sekolah yang melanggar bakal dikenakan sanksi.

"Ketentuannya sudah tegas tidak boleh ada pungutan dan tarikan. Kalau ada yang melanggar akan dapat sanksi dari Pemerintah Kota Kediri," tandas Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Kamis (23/6/2016).

Dijelaskan Siswanto, Pemkot Kediri berupaya mengikis budaya pungutan yang biasa dibebankan kepada siswa baru. Karena kebutuhan seragam sekolah untuk siswa telah disiapkan alokasi anggarannya melalui APBD.

Terkait adanya pungutan yang dilakukan melalui pihak Komite Sekolah memang masih diperkenankan karena sifatnya membantu biaya pendidikan. Namun alokasi penarikan harus jelas tujuannya.

Sementara terkait masih belum cairnya anggaran untuk sertifikasi guru karena masih menunggu surat keputusan dari kementerian.

"Dana sertifikasi dapat dicairkan jika sudah ada SK dari kementerian yang sudah turun. Kemudian kami akan menindaklanjuti," jelasnya.

Meski sudah ada statemen dari pejabat di Jakarta terkait pencairan sebelum Lebaran, namun surat resminya sampai sekarang masih belum diterima.

"Bagi kami lebih cepat lebih baik, sehingga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran," tambahnya.

Guru yang mendapatkan dana sertifikasi di Kota Kediri jumlahnya mencapai sekitar 2.500 guru. Sebagian di antaranya meerupakan guru sertifikasi non PNS


Sumber : suryamalang.tribunnews.com