logo.png

Berubah Merah Darah LH Teliti Kandungan Air Sungai Kresek


Reporter : Nanang Masyhari
Berubah Merah Darah, LH Teliti Kandungan Air Sungai Kresek

Kediri (beritajatim.com) -- Kantor Lingkungan Hidup (LH) Kota Kediri meneliti kandungan air Sungai Kresek di Kelurahan Pesantren, Kecamatan Pesantren yang berubah menjadi merah darah. Fenomena aneh tersebut terjadi dua kali, pada 27 April dan 21 Juni 2016 lalu.

Ridwan Salimin, selaku Kasi Pengawasan Pengendalian Pencemaran Kantor LH Kota Kediri mengatakan, pihaknya telah mengambil sampel air Sungai Kresek untuk dilakukan pengujian di laboratorium. Uji kandung air tersebut untuk mengetahui ada dan tidaknya zat berbahaya bagi kesehatan.

"Kami sudah mengambil sampel airnya untuk diujikan. Adapun hasilnya, kami masih menunggu, paling cemat satu minggu," kata Ridwan, Senin (27/6/2016) pagi.

Berdasarkan hasil penelusuran Tim LH Kota Kediri di lapangan, sungai merah yang masuk wilayah Kota Kediri hanya sebagai lokasi terdampak. Sedangkan, sumber perubahan warna berasal dari wilayah lain. Oleh karena itu, pihaknya tidak bisa melakukan pengujian di titik sumber.

Dari hasil temuan di lapangan, LH mendapat bekas pewarna tekstil dan kertas berlabel Fertilizer Dye. Barang tersebut diduga erat kaitannya dengan munculnya fenoma air Sungai Kresek yang berubah warga merah darah.

Data beritajatim.com sendiri menyebutkan, apabila fenomena itu terjadi akibat adanya kegiatan seseorang yang mencuci drum di sungai wilayah Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Drum bekas tersebut ditengarai mengandung pewarna tekstil. (nng/ted).

Senin, 27 Juni 2016


Sumber : beritajatim.com