logo.png

Waspadai Hati Sapi Bercacing Pita Dijual di Pasar


Waspadai Hati Sapi Bercacing Pita Dijual di Pasar

Gelar razia yang dilakukan Dinas Pertanian di salah satu pasar.

KEDIRI (BM) - Tim Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Kediri menemukan peredaran daging sapi ilegal di pasar Setono Betek Kota Kediri dan di pasar Ngaglik Kelurahan Dandangan Kota Kediri.
 
Hal itu, saat dilakukan beberapa kali sidak, sejak Kamis (30/6). Tim Kesehatan Hewan yang didampingi pihak kepolisian itu menemukan daging sapi yang dihasilkan dari luar rumah pemotongan hewan (RPH) Kota Kediri tanpa dilengkapi dokumen resmi.
 
Setidaknya ada 2 lapak penjual daging sapi yang terdeteksi menjual daging sapi tanpa disertai surat resmi dari RPH Kota Kediri atau hasil sembelihan pribadi di wilayah Gurah Kabupaten Kediri. Selain itu, tim sidak juga temukan daging sapi hasil pemotongan pribadi sebanyak 5 ekor.
Di antaranya kawasan pasar Ngaglik Kelurahan Dandangan Kota Kediri, ditambah lagi ratusan kilogram daging sapi yang disimpan dalam lemari es dengan kondisi yang sebagian besar dicurigai rusak alias busuk.
 
Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Kediri Dokter Sigit menjelaskan di pasar Setono Betek ada 2 pedagang yang menjual daging sapi bukan resmi dari RPH dan tidak memiliki kelengkapan surat resmi. Dan ditemukan hati yang ada cacing pitanya. (roj/nov)

Sumber : beritametro.co.id