20160713_171204

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Kebun bunga matahari atau Sunflowers di Kota Kediri tepatnya di Jalan Selomangleng Kota Kediri sedang menjadi perbincangan hangat terutama di media sosial. Keindahan ribuan bunga sun flowers menjadi tempat yang representatife untuk ber-selfie selfie ria. Namun, siapa sangka, sang pencetus ide kebun tersebut sempat pesimis akan keberhasilannya menciptakan salah satu ikon keindahan kota tahu.

Ferry Silviana Feronica Abu Bakar istri dari Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar orang pertama yang secara tidak langsung mencetuskan ide keinginannya memanfaatkan lahan kosong seluas 900 m2 yang berada tepat di timur kantor BNN Kota Kediri. Dari berbagai pilihan, akhirnya jatuhlah pilihan itu pada tanaman bunga matahari.

“Tujuannya kita ingin memanfaatkan lahan kosong aja. Terus kenapa memilih tanaman bunga? Karena kita ingin mempercantik Kota Kediri, juga bisa menjadi spot yang menarik untuk mengabadikan moment. Dan, sunflowers inilah yang pas,” kata Ferry Silviana Feronica Abu Bakar saat mengunjungi kebun bunga matahari, Rabu (13/07).

Bunda Fey begitu sapaan akrabnya ini menceritakan sempat merasa pesemis jika idenya itu bisa berhasil. Pasalnya, selain bunga matahari yang kurang cocok hidup di wilayah yang cukup panas juga karena ia sudah melihat petani bunga matahari yang meski bisa menghidupkan sunflowers namun tidak begitu indah.

20160713_164813“Saya sempat melihat tanaman seperti ini disalah satu petani di Kediri. Bisa tumbuh sih, tapi nggak bisa tumbuh tinggi-tinggi dan bungannya juga kecil-kecil. Makanya, saya pesimis. Nanti kalau hasilnya mengecewakan masyarakat bagaimana,” ujarnya.

Dan, setelah penanaman pertama pada 11 April 2016 sekarang masyarakat Kota Kediri bahkan luar Kota sudah bisa menikmati keindahannya. bukan hanya pagi hari ketika sunflowers sangat indah menatap matahari tapi sepanjang hari kebun tersebut tidak lepas dari para pengunjung. Mulai dari anak-anak, kawula muda, orang tua, keluarga, pasangan muda mudi hingga kaum terdidik menyempatkan salah satu ikon keindahan Kota Kediri tersebut.

Sri Winarsih Penyuluh Pertanian Madya Dinas Pertanian Kota Kediri sekaligus sebagai penanggungjawab kebun Bungan matahari mengatakan, bahkan beberapa orang dari China menyempatkan berkunjung. Ia mengatakan, orang China tersebut terheran-heran karena meski bibit yang ditanam di kebun itu adalah salah satu varian dari China namun, di China sana Sunflowers itu tidak seindah di Kota Kediri.

20160713_170400“Katanya (orang China-red) di China sana tingginya bunga matahari ini hanya 90 cm. Memang ada 3 varitas di kebun ini, 1 varitas local sedangkan yang 2 varitasnya dari China,” ujarnya saat menemani Bunda Fey.

Sri Winarsih mengungkapkan, dari 900 m2 lahan yang tersedia pihaknya hanya menggunakan 800 m2 untuk kebun bunga. Terdapat 6000 pohon sunflowers yang saat ini sudah semuanya berbunga. Karena usia bunga matahari yang hanya 3 bulan, Sri Winarsih mengatakan jika ingin menikmati salah satu keindahan Kota Kediri ini maka harus sesegera mungkin. “Masa bunganya bunga matahari ini cepet hanya bertahan tiga bulan dari penanaman. Sedangkan masa mekarnya bunga itu hanya satu bulan. Ya saat ini nih bunga-bunga ini sedang indah-indahnya,” pungkas Sri Winarsih.