logo.png

Program Ekonomi Kerakyatan Semakin Berkembang Luas di Kota Kediri


  • Program Ekonomi Kerakyatan Semakin Berkembang Luas di Kota Kediri
 

KBRN, Kediri: Perjalanan dunia perkoperasian di Indonesia memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi ada berbagai hambatan yang harus dilalui demi kemajuan Program Ekonomi Kerakyatan melalui pendirian koperasi di Tanah Air.

"Salah satunya, di Kota Kediri di mana hingga HUT ke-69 Koperasi Nasional justru perkembangan Ekonomi Kerakyatan makin meluas di daerah ini," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri, Kristianto, di Kediri, Jumat (15/7/2016).

Menurut dia, kian berkembangnya dunia perkoperasian di Kota Kediri dikarenakan besarnya dukungan dari Pemerintah Kota Kediri. Apalagi pemda setempat telah menerapkan program tersendiri untuk pengembangan koperasi di area kerjanya.

"Contohnya, program satu daerah rukun warga (RW) hanya berdiri satu koperasi," ujarnya.

Upaya tersebut, tambah dia, bertujuan untuk menggalakkan Program Ekonomi Kerakyatan di tingkat daerah. Bahkan sekaligus mewujudkan kesejahteraan warga yang lebih baik pada masa mendatang.

"Dari program Wali Kota Kediri itu, sampai sekarang jumlah koperasi di kota ini meningkat menjadi 565 koperasi," katanya.

Angka tersebut, lanjut dia, mengalami kenaikan sebanyak 110 koperasi dibandingkan jumlah koperasi pada tahun lalu. Sementara itu, penambahan ratusan koperasi itu merupakan performa yang harus diapresiasi mengingat ada 125 RW di Kota Kediri dan sudah 110 koperasi berdiri di masing-masing wilayah tersebut.


Sumber : rri.co.id