logo.png

Disdik Kota Kediri Larang Perpeloncoan Siswa


Reporter : Nanang Masyhari
Kediri (beritajatim.com) - Guna menghindari perploncoan saat tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan Kota Kediri membentuk tim monitoring. Di lain pihak, Kementerian Pendidikan Nasional juga melarang adanya Masa Orientasi Sekolah (MOS) dengan pembimbing sesama pelajar atau kakak kelas.

Kebijakan baru dari Kemendiknas tersebut bahwa MOS memang tidak boleh ada perploncoan dan dikendalikan oleh kakak kelas. Pelaksanaan masa pengenalan siswa baru itu harus dilakukan oleh guru, sehingga bisa meminimalisir aksi balas dendam.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal Disdik Kota Kediri Agus Suharmaji mengatakan, sekolah sudah menerima aturan dari kementrian, sehingga mereka juga mempunyai formulasi sendiri dalam pelaksanaan MOS.

“Kami akan memberi sanksi tegas, bila ditemukan menyalahi aturan dan ada perploncoan siswa saat MOS,” ancamnya, Sabtu (16/7/2016). Imbuhnya, pengenalan lingkungan baru bagi siswa harus bersifat mendidik/ dan tidak boleh ada kekerasan.

Dinas Pendidikan nanti juga akan bekerjasama dengan kepolisian maupun Kodim 0809 Kediri dalam hal latihan baris-berbaris. Pelibatan dua institusi tersebut untuk memberi contoh disiplin bagi para siswa.

Sabtu, 16 Juli 2016


Sumber : beritajatim.com