logo.png

Dinas Pendidikan Kota Kediri Membentuk Tim Monitoring untuk Mengawasi Ada Tidaknya Kekerasan pada MO


  • Dinas Pendidikan Kota Kediri Membentuk Tim Monitoring untuk Mengawasi Ada Tidaknya Kekerasan pada MOS
 

KBRN, Kediri: Masa Orientasi Siswa (MOS) atau kini dikenal dengan nama Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) sering menjadi momok menakutkan bagi sejumlah siswa baru.

"Apalagi, umumnya pada momentum tersebut sering dijadikan ajang balas dendam oleh kakak kelas kepada adik kelasnya," kata Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan Kota Kediri, Agus Suharmaji, di Kediri, Minggu (17/7/2016).

Untuk menghindari hal itu, jelas dia, Kementerian Pendidikan Nasional meminta seluruh guru sekolah di penjuru Nusantara guna mengambil alih tugas pengenalan lingkungan sekolah. Selain itu, kebijakan baru tersebut sekaligus melarang kakak kelas untuk melakukan aksi perpeloncoan.

"Oleh sebab itu, kami membentuk Tim Monitoring. Tim tersebut akan bertindak tegas dan memberikan sanksi bila menemukan adanya perpeloncoan siswa baru," ujarnya.

Hal itu, tambah dia, disebabkan pelaksanaan MOS di seluruh lembaga pendidikan idealnya harus dilakukan dengan penerapan sistem pengenalan lingkungan sekolah yang edukatif. Bahkan, tidak seharusnya diwarnai aksi kekerasan dalam bentuk apa pun.

"Pembentukan tim ini sekaligus menggandeng petugas kepolisian dan Kodim setempat. Khususnya, bertujuan meningkatkan kedisiplinan para siswa baru dalam hal latihan baris-berbaris," katanya.


Sumber : rri.co.id