IMG-20160718-WA0011

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMKN 3 dan SMAN 3 Kota Kediri dihadiri langsung oleh Walikota Abdullah Abu Bakar, Senin (18/07). Mas Abu sapaan akrabnya menyarankan para siswa untuk menggunakan transportasi gratis yang sudah disediakan Pemerintah Kota (Pemkot).

Pemkota sejak tahun ini sudah menyediakan angkutan kota yang gratis untuk para siswa berangkat dan pulang dari Sekolah. Kedepannya, sudah ada bus yang khusus digunakan mengantar dan pulang para peserta didik di Kota Kediri. Selain untuk mengurangi kemacetan, angkutan umum ini untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas yang berujung kecelekaan.

“Kalau berangkat sekolah jangan gunakan sepeda motor, pakai sepeda saja biar sehat. Tapi kita sudah menyediakan angkutan gratis dan kita sudah ada bus gratis untuk berangkat dan pulang sekolah. Manfaatkan fasilitas itu,” ujar Mas Abu kepada peserta PLS di SMKN 3 Kota Kediri

IMG-20160718-WA0010Selanjutnya, Mas Abu sepakat dengan digantikannya MOS ke PLS yang lebih mengedepankan perkenalan siswa baru pada lingkungan sekolah. Menurutnya, PLS lebih efektif dalam mengenalkan sekolah serta meminimalisir kekerasan terhadap anak.

“Seperti dulu, perploncoan seperti itu terlalu fisik. Yang jelas sekolah itu haru dikenalkan, sekolahnya seperti apa, etika terhadap guru seperti apa. Jadi lebih bermanfaat,” imbuh Walikota Kediri

Sebagaimana diketahui, Mendukbud mengeluarkan Permendikbud untuk meniadakan MOS dan digantikan PLS. Dimana, semua kegiatan dijalankan oleh pihak guru tanpa mengikut sertakan siswa senior.(Zay)

 

Keterangan Gambar : Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan wacana pada siswa baru pada hari pertama PLS di SMKN 3 dan SMAN 3 Kota Kediri.