logo.png

Pelajar SMA di Kediri Dihimbau Naik Angkot Saat Sekolah


  • Pelajar SMA di Kediri Dihimbau Naik Angkot Saat Sekolah
 
KBRN, Kediri: Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, saat mengenyam pendidikan di sekolah, utamanya ditingkat SMA atau SMK, sederajat. Pihak Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur,  menghimbau, agar mereka lebih memilih naik angkot disaat berangkat ke sekolah dan lebih menanggalkan kendaraan sepeda motor.

Hal ini seperti dikatakan Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, bahwa, dengan keluarnya himbauan untuk naik angkot, merupakan wacana positif bagi anak didik dalam memberikan rasa aman. Disisi lain, pihaknya melakukan hal ini, demi keselamatan anak didik.

“Secara aturan khan pelajar dilarang membawa sepeda motor, lantaran tidak mengantongi Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan belum diperbolehkan juga oleh pihak Kepolisian. Maka itu, kami juga memberikan intruksi ke masing-masing Kepala sekolah untuk menjalankan himbauan ini,“ kata Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, sembari melakukan kunjungan dibeberapa SMAN, dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Selasa ( 19/7/2016).

Untuk itu, lanjut Walikota Kediri, solusi dari himbauan pelajar naik kendaraan bermotor, pihak Pemkot  sduah memberikan solusi angkutan gratis berupa angkota, yang dioptimalkan pada jam sekolah. Bukan hanya itu, penambahan armada Bus sebanyak 3 unit, bantuan dari Pemerintah Pusat, juga akan dioptimalkan.

“Malahan kedepanya, angkot gratis akan melanyani anak-anak pelajar bukanya pada jam sekolah, melainkan pada jam lainya. Seperti halnya, pada jam les anak sekolah. Diharapkan, dengan terobosan yang dilakukan, bisa memberikan dampak positif bagi pelajar, untuk membudayakan naik angkot,“ pungkasnya.  

Terpisah, Mahdi, salah satu siswa SMAN, klas 10, diwilayah Kota Kediri, berharap, seyogyanya, program angkotn yang digulirkan Pemkot bsia berjalan dengan maksimal. Karena, selama ini trayek  angkot yang ada, belum mampu menjangkau semua sekolah yang tersebar diwilayah Kota Kediri.

“Harapanya, program angkot bisa berjalan maksimal dan menjangkau semua sekolah, khususnya SMA/SMK, sederajat yang terdapat diwilayah Kota Kediri. Jadi, kalaupun program himbauan naik angkot digalakkan, kami yakin akan berjalan maksimal,“ katanya.

Sumber : rri.co.id