logo.png

Operasi Pasar Membawa Inflasi Kota Kediri Terendah di Pulau Jawa


  • Operasi Pasar Membawa Inflasi Kota Kediri Terendah di Pulau Jawa
 

KBRN, Kediri: Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri dengan program Operasi Pasar Murni (OPM) berhasil membawa indeks harga konsumen/IHK (inflasi) Kota Tahu mencapai angka terendah di Pulau Jawa.

"Setelah mengadakan OPM selama Ramadhan lalu, inflasi Kota Kediri berhasil bertengger pada angka 0,16 persen," kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, usai melakukan Rapat Koordinasi Evaluasi OPM bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri, di Kediri, Rabu (20/7/2016).

Kinerja tersebut, ungkap dia, merupakan hasil yang memuaskan bagi Pemkot Kediri maupun masyarakat. Pihaknya berharap pencapaian itu dapat memberikan manfaat positif bagi warga di daerah tersebut.

"Dengan prestasi ini, kami yakin bisa mewujudkan perekonomian di Kota Kediri semakin baik lagi," ujarnya.

Apalagi, tambah dia, dalam waktu dekat Kota Kediri akan segera melaunching  branding tersendiri yakni Harmoni Kediri The Service City. Upaya tersebut sekaligus bertujuan memperbaiki pelayanan yang ada di Kota Kediri.

"Dengan langkah itu, kami optimistis dapat memberikan pelayanan terbaik bagi warga kota ini," katanya.

Pada kesempatan sama, Koordinator TPID Kota Kediri sekaligus Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kota Kediri, Djoko Raharto, membenarkan, jika pencapaian inflasi Kota Kediri yang mencatatkan posisi terendah se-Pulau Jawa memang patut disyukuri.

"Di samping itu juga sudah sepantasnya dibanggakan dan dipertahankan pada masa mendatang," katanya.

Di sisi lain, kata dia, pihaknya bersama sejumlah dinas terkait yang tergabung dalam TPID Kota Kediri juga telah melakukan upaya secara masif untuk menekan gejolak harga bahan pokok selama Ramadhan. Khususnya, melalui Operasi Pasar Murni (OPM) yang digelar di 46 kelurahan dan satu pasar tradisional.

"Selama OPM, kami menjual empat komoditas pangan dengan harga terjangkau. Hal itu karena adanya subsidi ongkos angkut dari pemda setempat," katanya.

Dampak positifnya, lanjut dia, dialami Kota Kediri pada saat ini. Selain angka inflasinya terendah se-Pulau Jawa yakni 0,16 persen pada bulan Juni 2016 maka inflasi periode year to date juga tercatat rendah atau sebesar 0,06 persen. Bahkan, secara tahunan inflasi kota tersebut mampu mencapai 1,73 persen.


Sumber : rri.co.id