logo.png

Pesona Kebun Bunga Matahari Kediri Digandrungi Wisatawan


Agrowisata bunga matahari destinasi wisata baru Kota Kediri. DUTA/jitoAgrowisata bunga matahari destinasi wisata baru Kota Kediri. DUTA/jito
 

Satu lagi destinasi wisata terbaru di Jawa Timur yang sangat digandrungi wisatawan, yakni Kebun Bunga yang sangat indah dan menakjubkan bagi siapa saja yang memandangnya, Kebun Bunga Matahari ini berlokasi di kota tahu Kediri.

Di kebun yang berlokasi di lahan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri tersebut, terdapat ribuan aneka tanaman bunga matahari.

“Banyak pengunjung ke kebun bunga matahari tersebut. Mereka diperbolehkan untuk berkunjung dalam waktu lama, termasuk mengabadikan gambar, setiap hari sabtu dan minggu destinasi wisata baru ini selalu dipadati pengunjung. Mereka betah berlama-lama tinggal disini, terutama pengunjang wanita.” kata istri Wali Kota Kediri Ferry Silviana Feronica, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Silviana tetap meminta pengunjung dapat menjaga kebersihan kebun tersebut. “Saya beri imbauan dalam media sosial, Instagram, Facebook, agar pengunjung punya kesadaran lebih dengan memberikan kontribusi terbaik dengan tidak membuang sampah di kebun,” ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Bunda Fey ini menambahkan, tidak semua daerah ada kebun bunga matahari, terlebih lagi dengan luas lahan yang cukup besar.

Bunda Fey mengatakan, awalnya, tanaman itu disemai pada bulan April 2016. Proses tanam pun juga melibatkan banyak masyarakat, misalnya PKK, maupun organisasi masyarakat lainnya. Sebelum memutuskan untuk menanam bunga matahari, Bunda Fey sempat mengadakan survei hingga akhirnya menemukan varietas terbaik.

Ia menyebutkan, ada tiga jenis bibit bunga matahari yang ditanam di tempat ini. Bunga-bunga yang ditanam itu jenis besar, dan bisa menghasilkan biji yang besar dan banyak.

“Tempat itu juga berdekatan dengan lokasi wisata Goa Selomangleng, Kediri, sehingga ketika selesai berkunjung ke kebun bunga itu, bisa melanjutkan wisata ke goa tersebut,” tuturnya.

Sementara, Penyuluh Pertanian Madya Dinas Pertanian Kota Kediri, Sri Winarsih mengatakan, perawatan tanaman bunga matahari itu sebenarnya tidak terlalu sulit. Sementara, untuk mengantisipasi kejahilan pengunjung, pihaknya memasang tulisan agar pengunjung ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Diberi pupuk kandang dan air, itu terutama di satu bulan pertama. Masa hidup bunga ini sekira tiga bulan, jadi di awal perawatan harus diperhatikan,” tukas dia. 


Sumber : duta.co