logo.png

Merias Kucing Demi Berebut Piala Wali Kota Kediri


Surya Malang

Merias Kucing Demi Berebut Piala Wali Kota Kediri
 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
 
Salah satu peserta kontes kucing di Taman Pemandian Tirtayasa, Kota Kediri merias kucingnya dengan kostum unik, Minggu (24/7/2016). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Puluhan penggemar kucing dari berbagai kota di Jatim memeriahkan Kontes Kucing. Acara untuk memperingati HUT Kota Kediri ini digelar di Pemandian Tirtayasa, Minggu (24/7/2016).

Ada berbagai jenis kucing yang ikut lomba mulai jenis kucinglokal, anggora dan persia. Para pemilik kucing ini rela merogok koceknya untuk merias binatangnya dengan berbagai aksesoris menarik.
Di antaranya, menempatkan 
kucing di sangkar yang menyerupai tenda.

Aneka pernak pernik riasan juga terlihat untuk mendadani binatang kucing sehingga terlihat menggemeskan dan menarik. Ada yang mendadani kucingnya dengan kostum sepak bola, ada juga kostum pelajar sekolah. Bulu-bulu kucing juga dibentuk menjadi lembut.

Mayoritas kucing yang diikutkan lomba sudah sangat jinak dan familier. Sehingga meski banyak dilihat orang tidak ngambek atau memberontak.

Menurut Pujiono, panitia lomba menyebutkan, selain faktor kesehatan dewan juri juga memeriksa penampilan kucing. Namun secara keseluruhan banyak aspek yang menjadi pertimbangan juri.

"Beberapa di antaranya bulu, performen dan aktivitasnya. Pandangan matanya cerah dan memberi respon," jelasnya. Namun panitia juga memeriksa kesehatan kucing dengan memeriksa kondisi anus.

"Kalau kucing sehat, anusnya kondisinya bersih dan warna mata tidak pucat," tambahnya.

Pihak panitia terlebih dahulu melakukan screning kucing yang akan diikutkan lomba. Karena hanya kucing yang sehat dan bebas kutu dan penyakit yang diperbolehkan mengikuti tahapan lomba.

Dari hasil pemeriksaan awal ada beberapa kucing yang diduga kena penyakit tidak diperkenankan mengikuti lomba. Dikhawatirkan kucing yang berpenyakit bakal menular kepadakucing peserta lainnya. "Ada sejumlah kucing kami tolak karena ada kutunya," ungkapnya.

Kegiatan Kontes Kucing ini diikuti peserta dari Kediri, Malang, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Surabaya dan Jombang. Pemenang akan mendapatkan piagam dan piala dari Wali Kota Kediri.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com