logo.png

LPA Kota Kediri ajak Warga lebih Perhatikan kaum Disabilitas


  • LPA Kota Kediri ajak Warga lebihperhatikan kaum Disabilitas
 

KBRN, Kediri : Momentum Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli menjadi sarana tersendiri bagi Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Kediri guna mengajak warga untuk lebih memperhatikan kaum disabilitas.

"Hal itu karena sampai sekarang perhatian pemerintah kepada kaum tersebut sangat minim," kata Kepala Bidang Hukum dan Advokasi LPA Kota Kediri, Heri Nurdianto, di Kediri, Minggu (24/7/2016).

Padahal, ungkap dia, perkembangan dan pola pendidikan bagi kaum disabilitas sudah selayaknya untuk ditingkatkan lebih baik lagi. Oleh sebab itu, pada peringatan HAN tahun 2016 LPA Kota Kediri telah bergerak dan melakukan kampanye sosial.

"Upaya tersebut sekaligus dalam rangka memperingati HAN tahun 2016 di kota ini," ujarnya.

Pada peringatan itu, tambah dia, pihaknya juga menghimbau masyarakat agar memaksimalkan keberadaan 540 satuan petugas (satgas) perlindungan anak dan perempuan yang telah dibentuk Pemkot Kediri. Khususnya mereka yang baru saja dikukuhkan oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar beberapa waktu lalu.

"Kami yakin melalui pembentukan satgas perlindungan anak dan perempuan itu, kasus kekerasan anak dan perempuan di kota ini dapat dihindarkan," katanya.

Dia menyarankan, idealnya jika masyarakat mengetahui informasi atau melihat peristiwa kekerasan pada anak dan perempuan maka jangan takut melapor kepada satgas terdekat. Apalagi, mayoritas satgas tersebut didominasi oleh ketua RT/RW sehingga saat ada kasus bisa langsung terpantau secepatnya.

"Di samping itu, masyarakat juga bisa melapor ke hotline LPA Kota Kediri dan kami akan menindaklanjutinya segera," katanya.


Sumber : rri.co.id