logo.png

Budaya Kediri Jadi Destinasi Wisata Tematik


Harian Bhirawa Online

Sejumlah turis manca negara saat mempelajari benda bersejarah di Museum Selomangleng. Kamis (28/7)

Sejumlah turis manca negara saat mempelajari benda bersejarah di Museum Selomangleng. Kamis (28/7)

Kota Kediri, Bhirawa
Sebanyak 40 turis dari 11 negara melakukan kunjungan ke Kota Kediri untuk melihat seni budaya di Kediri selama 10 hari kedepan melalui wisata Tematik Universitas Surabaya. Tak hanya melihat,  para wisatawan manca negara ini juga melakukan penelitian tentang sejarah dan kesenian yang ada di Kediri.
Menurut kordinator wisata Tematik dari Universitas Surabaya ( Ubaya ) Kusworo Rahardian , kita saat ini sedang membangun destinasi pariwisata, sehingga harus ada dukungan dari daerah yang memiliki tema yang mirip, untuk mojokerto penanggunag berdiri sendiri dan tidak begitu kuat.
“Untuk tema saat ini sejarah seni, yang kita garap masa peralihan hindu ke Islam, Jadi kita ke Mojokerto, Blitar dan endingnya ke Kediri, disini  ?diajak ke Patung Totok Kerot dan berakhir di Candi Tegowangi, karena menurut mereka sangat bagus” kata Kusworo.
Lebih lanjut, dengan tematik tour dapat mengenalkan potensi pariwisata yang selama ini belum terekpos,  seperti tegowangi Gunung pegat serta museum selomangkleng, “sebenarnya jika melihat dari berbagai sisi, keindahan seninya sangat luar biasa. Dengan wisata tematik nanti kita bisa memberikan subsidi pada daerah tujuan wisata budaya,” terangnya.
?Salah satu wisatawan dari  New York  Emma mengatakan dirinya senang akan  Indonesia , dia mengaku melakukan penelitian di Indonesia tentang sejarah .”Suka di Kediri wonderful, saya sepuluh hari hari di Kediri tiga hari di Blitar , saya dengan rombongan juga melkukan penelitian tentang sejarah di Indonesia, saya sangat senang bisa belajar di Indonesia,” ungkapnya.
Nur Muchyar Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Kediri, mengapresiasi kegiatan twersebut, dengankunjungan 40  Wisatawan Ke kota kediri, untuk melihat area wisata kota Kediri serta Budaya kesenian yang ada di Kediri akan mengangkat wisata seni budaya di Kota Kediri ke nanah dunia. “Kami tadi juga menyuguhkan seni congkekan yang selama ini mulai terkikis, mereka sangat senang sekali?,” kata Nur Muhyar.
Empat Puluh wisatawan manca tersebut diantaranya dari 11negara diantaranya . Inggris, Singapore, Amerika , Kamboja India , Thailand dan lain-lain.

Harian Bhirawa Online

 


Sumber : harianbhirawa.co.id