logo.png

Bangun 5 RTH Pemkot Kediri Kucurkan Dana Miliaran Rupiah


 

Bangun 5 RTH, Pemkot Kediri Kucurkan Dana Miliaran Rupiah

Salah satu RTH yang akan dikelola Pemkot Kediri untuk menghijaukan dan mempercantik kota.

KEDIRI (BM) - Pemkot Kediri melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), berencana akan menyulap sejumlah tempat jadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Hanya saja, tahun ini pemkot tak mampu merealisasikan di lima tempat.
 
Karena hingga memasuki Agustus, baru dua tempat yang menunjukan tanda-tanda akan dilakukan proses pembangunan untuk dijadikan RTH. Informasi yang dihimpun Berita Metro, menyebutkan dua tempat  itu adalah pembangunan Taman Sekartaji.
 
Satu lagi adalah taman depan Taman Makan Pahlawan (TMP). Namun, kapan akan dimulai dan sejauh mana proses pembangunan kawasan hijau itu belum diketahui secara pasti. “Yang saya tahu, tahun ini ada dua tempat yang pembangunannya dimulai yaitu  pengembangan Taman Sekartaji dan lahan kosong depan TMP,” ungkap sumber di lingkungan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri. 
 
Ditambahkan sumber tersebut, anggaran untuk pembangunan ke dua tempat itu sudah disediakan sejak tahun kemarin. “Untuk lebih jelasnya langsung konfirmasi ke Kepala Bidangnya,” imbuh sumber tersebut.
 
Sementara, rincian anggaran yang disediakan, ungkap sumber ini untuk pembangunan taman depan TMP, tepatnya di Jalan PK Bangsa Kota Kediri, dengan nilai pagu sebesar Rp 3,85 miliar.
 
Sedangkan, pembangunan pengembangan Taman Sekartaji dengan nilai pagu sebesar Rp 5,76 miliar. Terpisah, Kepala Bidang Pertamanan Roni Yusianto S Sos, saat dikonfitrmasi terkait hal itu tidak menyangkal.
 
Pihaknya mengatakan, jika saat ini proses pembangunan RTH di kawasan Taman Sekartaji dan lahan kosong depan TMP masih memasuki tahap lelang. 
 
“Iya mas, benar. Saat ini sudah tahap lelang (pengumuman lelang, red) di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Setelah ditentukan pemenang, pembangunannya pun bisa dimulai,” bebernya.
 
Dikatakan Roni, Pemkot Kediri melalui DKP berencana akan mempercantik wajah kota dengan membangun sebanyak 5  RTH di tempat berbeda. Antara lain, kawasan hutan lindung PDAM Kota Kediri (water torn), Taman Makam Pahlawan (TMP), Taman Sekartaji, Taman Ngronggo dan kawasan alun-alun.
 
“Tapi pembangunanya dilakukan secara bertahap. Untuk tahun ini, dua tempat dulu, sedangkan lainnya tahun berikutnya,“ kata Rony, saat dihubungi melalui telepon selularnya.
 
Selain mempercantik wajah kota, Rony menambahkan, juga akan menjadikan ajang hiburan gratis bagi warga. Sebab, di kawasan RTH itu nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas umum seperti wifi, game dan masih banyak fasilitas lainnya.
 
“ Untuk Taman Sekartaji dan Taman Ngronggo, akan dilakukan pengembangan sekaligus penambahan sejumlah fasilitas umum. Sehingga, nantinya bisa membuat para pengunjung jadi betah di taman tersebut,” pungkasnya. 

Sumber : beritametro.co.id