logo.png

Tari Kolosal Dewi Songgo Langit Meriahkan Hut Kota Kediri


DetikNews

Tari Kolosal Dewi Songgo Langit, Meriahkan Hut Kota KediriFoto: Andhika Dwi/detikcom

Kediri - Tari Kolosal Dewi Songgo Langit yang dikolaborasikan dengan kesenian daerah lainnya, seperti jaranan, pecut dan juga reog, dibawakan oleh lebih dari 200 pelajar di Kediri, Jawa Timur. Persembahan ini untuk meriahkan rangkaian acara hari jadi Kota Kediri ke-1137, Selasa (8/10/2016).

Empat kesenian tersebut menjadi satu kesatuan pertunjukan yang menarik serta menghibur ribuan penonton yang hadir di Stadion Brawijaya, Kota Kediri.

Dewi songgo langit merupakan salah satu dewi asli dari Kediri. Dalam cerita yang dituangkan dalam tarian tersebut, ia dilamar oleh pangeran dari berbagai kerajaan.

 


Untuk menentukan siapa pemenang dari lamaran tersebut, Dewi Songgo Langit menggelar sayembara. Siapa pangeran yang dapat menghadirkan kesenian khas dan unik yang mampu memikat masyarakat, dia lah yang akan dipilih sebagai suaminya.

"Ini sangat penting bagi kita semua, masyarakat, termasuk pemerintah untuk melestarikan cerita sejarah Kediri ini. Di mana cerita dari putrinya ini yang menarik yang menyebar ke seluruh dunia," kata Kepala Disbudparpora Kota kediri Nur Muhyar kepada detikcom.

Selain menghibur dengan penampilan menariknya, kesenian daerah khas Kota Kediri tersebut juga mampu memberikan tambahan pengetahuan budaya bagi para generasi muda yang kini mulai dipengaruhi oleh era globalisasi.


"Ini menarik, sangat menghibur. Kita jadi semakin tahu akan kebudayaan khas Kota Kediri. Karena bagaiaman pun kita sebagai generasi muda harus tetap melestarikannya," kata salah seorang warga, Dinda Monica.

Dinda mengatakan, pengetahuan kebudayaan daerah menurutnya kini sangat penting, terutama bagi generasi muda. "Siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikannya," katanya. 


Sumber : detik.com