logo.png

Tari Dewi Songgo Langit Meriahkan HJK Kediri


Tari Dewi Songgo Langit Meriahkan HJK Kediri

Tari kolosal Dewi Songgo Langit

KEDIRI (BM) - Tari kolosal Dewi Songgo Langit yang dikolaborasikan dengan sejumlah kesenian daerah lainnya yang dilakukan ratusan pelajar di Kediri, untuk ikut meriahkan rangkaian Hari Jadi Kota (HJK) Kediri ke-1137. 
 
Selain menghibur ribuan pengunjung yang hadir, kesenian daerah khas Kota Kediri tersebut  juga mampu memberikan tambahan pengetahuain budaya bagi generasi muda. Lebih dari 200 pelajar, Rabu (10/8), malam turut ambil bagian dalam tarian Dewi Songgo Langit.
 
Menariknya, tarian itu dikolaborasikan dengan kesenian jaranan, pecut dan juga reog. Empat kesenian tersebut menjadi satu kesatuan hingga menarik serta menghibur ribuan penonton yang hadir di stadion Brawijaya Kota Kediri.
 
Tarian Dewi Songgo Langit merupakan seorang dewi asli dari Kediri. Dalam cerita yang dituangkan dalam tarian tersebut, ia dilamar pangeran dari berbagai negara. Untuk menentukan siapa pemenang dari lamaran tersebut Dewi Songgo Langit menggelar sayembara.
 
Di mana pangeran yang dapat menghadirkan kesenian khas dan unik yang mampu memikat masyarakat, dialah yang akan dipilih.
 
Kepala Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Nur Muhyar, menjelaskan selain menghibur dengan penampilan menariknya, kesenian daerah khas Kota Kediri tersebut, juga mampu memberikan tambahan pengetahuan budaya bagi para generasi muda yang saat ini mulai digerus era globalisasi.

Sumber : beritametro.co.id