logo.png

Semarak Peringatan Hari Kemerdekan di Kota Kediri


KBRN, Kediri : Sudah menjadi tradisi rutin dan agenda tahunan dalam hal memperingati hari Kemerdekaan diwilayah manapun dinegeri ini. Seperti halnya, peringatan HUT RI ke-71 di Kota Kediri, yang dimaknai masyarakat setempat dengan menggelar aneka ragam perlombaan. Menariknya, yang mengikuti lomba bukan hanya anak-anak, melainkan orang tua juga andil dalam moment tersebut.

Hal itu terlihat pada Minggu (14/08/2016) dalam acara perlombaan yang digelar masyarakat perumahan Manisrenggo Residence, RT 06,RW 01,Kelurahan Manisrenggo, Kecamatan Kota Kediri. Berbagai macam lomba anak-anak, meliputi, lomba makan krupuk, memasukan belut ke dalam botol dan mengayuh sepeda denga penilaian paling  lambat.

Bahkan, para orang tua-pun tidak mau ketinggalan dengan mengikuti perlombaan yang disediakan oleh Panitia RT 06,RW 01. Diantaranya, lomba memasukan belut kedalam botol, tarik tambang yang diperuntukkan bagi bapak-bapak. Dan yang menggelikan, yakni perlombaan membawa tampah diatas kepala yang diperuntukkan bagi ibu-ibu, atau yang lebih dikenal dengan istilah Nyunggi tampah.            

Dikatakan Khusnan Sahestiya selaku RT 06,RW 01, Manisrenggo Residence, Kelurahan Manisrenggo, bahwa digelarnya serangkaian perlombaan yang melibatkan anak-anak dan orang tua, merupakan wujud rasa syukur warga dalam memaknai hari Kemerdekaan. Disisi lain, moment perlombaan ini juga sebagai ajang warga untuk bersilaturahmi.

“Ya, inilah, wujud rasa syukur kami sebagai warga negara Indonesia dalam memaknai jasa para pahlawan yang gigih meraih Kemerdekaan kala itu. Sudah seharusnya dan menjadi kewajiban bagi kita untuk memperingatinya setiap satu tahun sekali. Harapan kami, pagelaran serupa bisa terlaksana  kembali, pada tahun beriikutnya secara meriah “ kata Khusnan, saat dilokasi perlombaan.

Terpisah, geliat masyarakat perkotaan yang hobi bersepeda juga terlihat dalam pagelaran yang dihelat oleh Polres Kediri Kota, yang dikemas dalam “Polisi Gowes Bersama Masyarakat. Terliihat, ribuan goweser, sebutan akrab penghobi sepeda mengikuti pagelaran yang memperebutkan dua unit sepeda motor dan juga hadiah menarik lainya.

Adapun pemberangkatanya oleh Kapolres Kediri Kota, AKBP Wibowo, dari start depan Markas komando Polres Kediri Kota dan mengambil finish di Lapangan Brimob. Sebelum berangkat,  orang nomor satu dijajaran Polres Kediri itu mengatakan bahwa momen peringatan HUT RI ke-71 ini, diharapkan bisa menjadi makna dalam memperingati jasa pahlawan. 


Sumber : rri.co.id