logo.png

Menteri Yohana Jadikan Kediri Pilot Project Penanganan Perempuan dan Anak


Menteri Yohana Jadikan Kediri Pilot Project Penanganan Perempuan dan Anak
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kediri (beritajatim.com) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise menjadikan Kota Kediri sebagai pilot project dan sebagai salah satu Kota di Indonesia untuk memulai pembentukan satgas penanganan masalah perempuan dan anak tingkat kota dan kabupaten.

Untuk pengukuhan, secara khusus Menteri Yohana datang ke Kota Kediri. Satgas penanganan masalah perempuan dan anak ini mempunyai beberapa fungsi dan tiap tiga bulan sekali harus memberikan laporan langsung ke Menteri PPPA.

Fungsi satgas ini di antaranya melakukan penjangkauan terhadap perempuan dan anak yang mengalami permasalahan, melakukan identifikasi kondisi dan layanan yang diutuhkan perempuan dan anak yang mengalami permasalahan, hingga melakukan rujukan atau rekomendasi kepada pusat pelayanan terpadu perempuan dan anak terdekat atau lembaga layanan perempuan dan anak untuk mendapatkan layanan lebih lanjut.

"Kami mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Kediri yang lebih dulu membentuk satgas seperti ini," katanya, Senin (15/8/2016).

Masih kata Menteri Yohana, pembentukan Satgas PPPA merupakan salah satu bentuk penanganan permasalahan peremupuan dan anak. Sebab, sesuai data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) selama 5 tahun terakhir mulai tahun 2011 dengan total jumlah kekerasan sebanyak 2.178 terus meningkat hingga menncaai 4.309 pada tahun 2015.


Sumber : beritajatim.com