logo.png

Cegah Balapan Liar dengan Lomba Balap Karung


 
  • Cegah Balapan Liar dengan Lomba Balap Karung
 

KBRN, Kediri : Dalam rangkaian memperingati HUT RI ke 71, banyak hal yang dilakukan masyarakat untuk memaknai hari Kemerdekaan tahun ini. Seperti halnya yang dilakukan masyarakat Kota Kediri, Jawa Timur, yang banyak menggelar hal positif dengan berbagai macam lomba yang diiperuntukkan bagi semua kalangan.

Seperti yang terlihat, Rabu (17/8/2016), warga RT 19 RW 04, Kelurahan Campurejo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, menggelar lomba balap karung yang diperuntukkan bagi pemuda setempat. Dipilihnya lomba itu, semata-mata untuk mencegah balapan liar yang  kerap kali terjadi diwilayah Kota Kediri.

Dari pantauan di lokasi, lomba balap karung yang digelar dijalan raya Kelurahan setempat, bukanya seperti lomba balap karung kebanyakan. Melainkan, lomba yang digelar warga Kelurahan Campurejo itu, mewajibkan setiap pesertanya mengenakan helm saat mengikuti lomba.

“Pesertanya memang kami prioritaskan pemuda dan harus mengenakan helm saat ikut balap karung. Niatan kami menggelarloma ini, kami ibaratkan mereka layaknya naik motor, namun kali ini yang dikendarai karung. Dimana, peserta harus masuk ke karung goni yang selanjutnya berjalan secepatnya “ kata Sumanto, Ketua RT 19, RW 04, Kelurahan Campurejo, saat di lokasi.

Lebih jauh dikatakan Sumanto, selama perjalanan mengikuti lomba balap karung, memang kebanyakan para pesertanya jatuh dan tersungkur kejalan. Dari kondisi itulah, para peserta bisa menggambarkan  kalau tidak berhati-hati dan menjaga keseimbangan dijalan raya akan berakibat fatal. Dan fungsi mengenakan helm, adalah sebagai pelindungnya

“Secara poinya, inilah niatan kami menggelar lomba balap karung. Yakni, memberikan pembelajaran kepada para pemuda akan bahayanya ikut balapan liar, apalagi tidak berhati-hati dalam berlalu lintas. Disamping itu, terjatuh saat balap karung saja, sakitnya berasa, apalagi kalau jatuh saat mengedarai kendaraan bermotor. Pastinya, hikmah positif, ini yang kami petik dalam lomba ini,“ tandasnya.

Sementara itu, bukan hanya warga Kelurahan Campurejo saja yang menggelar lomba dalam memperingati HUT RI ke 71, melainkan hampir secara keseluruhan warga Kota Kediri juga menggelar hal serupa yang kebanyakan lomba krupuk yang secara mayoritas diikuti oleh anak-anak.


Sumber : rri.co.id