logo.png

Pedagang di Taman Sekartaji Kediri Direlokasi


ANTARA News Jawa Timur

Pedagang di Taman Sekartaji Kediri Direlokasi
Pedagang membenahi tempat mereka berjualan di kawasan Taman Sekartaji, Kota Kediri, Kamis (25/8). (foto Asmaul Chusna)
 
 "Kami tidak ada ganti rugi, namun disediakan fasilitas untuk berjualan. Ada air, listrik dan lokasinya tidak terlalu jauh dari taman," 
 
Kediri (Antara Jatim) - Sebanyak 21 pedagang yang berjualan di Taman Kota Sekartaji, Kota Kediri, Jawa Timur, direlokasi ke tempat lain yang merupakan bagian dari rencana pemerintah setempat membangun taman itu.

Mimin, salah seorang penjual di tempat tersebut, Kamis, mengatakan ia harus membongkar warung yang selama ini dijadikannya sebagai tempat jualan. Ia harus pindah karena taman ini informasinya akan dibongkar.

"Kami tidak ada ganti rugi, namun disediakan fasilitas untuk berjualan. Ada air, listrik, dan lokasinya tidak terlalu jauh dari taman," katanya dikonfirmasi.

Ia mengaku sengaja membongkar warung tempatnya berjualan karena bisa memilih barang yang dirasanya masih bermanfaat. Selain itu, barang-barang jualannya juga dipastikan bisa lebih tertata rapi dan tidak khawatir rusak.

Mimin mengatakan sebenarnya informasi terkait dengan permintaan untuk pindah ini sudah dilakukan sosialisasi oleh pemerintah kota. Pihaknya pun tidak dapat berbuat banyak, selain mengikuti aturan itu.

"Setelah informasi itu, kami juga langsung memberikan informasi ke member, pelanggan jika warung kami pindah," ujarnya.

walaupun saat ini belum ada rencana pasti untuk perbaikan taman kota, Mimin berharap pemerintah bijak agar mengutamakan para pedagang lama nantinya bisa menempati lapak yang disediakan di area taman kota tersebut. 

Ia berharap nantinya pemerintah bijak dengan menerapkan biaya yang normal, baik dalam bentuk sewa maupun retribusi. Selama ini, ia sudah 13 tahun menempati lapak itu. Ia dikenakan retribusi yang besarnya mencapai ratusan ribu rupiah.

Dari pantauan, para pedagang memang lebih banyak membongkar sendiri warung tempat mereka berjualan. Seluruh barang jualan mereka dikumpulkan untuk nantinya diangkut menuju ke lokasi baru, di Jalan Sudanco Supriadi. 

Di tempat relokasi itu, pedagang disediakan lokasi berjualan yang sudah dalam bentuk kios-kios sederhana. Pedagang menempati tempat tersebut, sesuai dengan kesepakatan.

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Kediri Apip Permana mengatakan pemerintah memang mempunyai program untuk memperbaiki kawasan Taman Sekartaji, Kota Kediri itu.

Pihaknya memang merelokasi para pedagang ke tempat penampungan sementara, hingga lokasi taman itu siap untuk ditempati kembali. Selama di tempat relokasi, mereka juga diberi fasilitas agar berjualan lebih nyaman.

"Nantinya renovasi selesai di akhir Desember 2016, nanti jika sudah selesai akan dikembalikan. Untuk sementara, para pedagang direlokasi dulu," katanya.

Apip mengatakan sebenarnya pemerintah kota menyediakan kendaraan untuk membantu mengangkut barang jualan, tapi para pedagang ternyata lebih memanfaatkan kendaraan yang mereka sewa sendiri.

Pihaknya memberikan kepastian, nantinya para pedagang lama menjadi prioritas berjualan kembali di taman itu. Sedangkan, untuk masalah retribusi menyesuaikan dengan aturan.

"Nantinya mereka menjadi prioritas untuk menempati tempat yang baru, tapi masalah retribusi akan mengikuti perda yang sudah ada, perda yang berlaku," kata Apip. 

Sumber : antarajatim.com