logo.png

Disbudparpora Kediri Selenggarakan Pagelaran Panji Tarik Wisatawan


ANTARA News Jawa Timur

 Disbudparpora Kediri Selenggarakan Pagelaran Panji Tarik Wisatawan
Pagelaran seni "Reyog Panji Bersih Desa" di Goa Selomangleng, Kediri, Jawa Timur, Minggu (28/8). (foto Asmaul Chusna)
 
 "Ini kegiatan yang kami selenggarakan. Kami berinovasi dan selalu mengemas semua cerita, menggali cerita Panji serta mengembangkannya,"
 
Kediri (Antara Jatim) - Dinas Kebudayaan Parwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri, Jawa Timur, menyelenggarakan pagelaran seni bertajuk "Reyog Panji Bersih Desa" di Goa Selomangleng, Kediri, Jawa Timur, dengan harapan bisa menarik kunjungan wisatawan.
     
"Ini kegiatan yang kami selenggarakan. Kami berinovasi dan selalu mengemas semua cerita, menggali cerita Panji serta mengembangkannya," kata Kepala Dinas Kebudayaan Parwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar di Kediri, Minggu.
     
Ia mengatakan, mengadakan pagelaran seni adalah salah satu upaya untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kediri. Selain melihat pentas seni, mereka juga diajari tentang sejarah, salah satunya cerita Panji.
     
Menurut dia, di Kediri ini menarik dijadikan paket wisata sejarah, sebab salah satunya terdapat peninggalan sejarah yang terkait dengan cerita Panji yaitu Goa Selomangleng, yang disebut sebagai tempat pertapaan Dewi Kilisuci, putri mahkota Raja Erlangga yang berkerabat dengan Dewi Sekartaji. 
     
Pihaknya mengaku, hingga kini maish berupaya mengumpulkan cerita Panji dari Kediri, sehingga nantinya bisa menjadi potongan cerita yang bisa dirangkai. Dengan itu, tentunya bisa ditemukan format cerita terbaik untuk mengangkat cerita Panji dari Kediri.
     
"Cerita Panji ini sudah ada dan berkembang di Kediri, dan kami terus kembangkan agar lebih spektakuler lagi. Respon masyarakat juga baik, namun kami sadari perlu memfasilitasi supaya masyarakat lebih paham lagi, dengan memberikan penjelasan lebih mendasar tentang sejarah," ujarnya.
     
Dalam pagelaran seni itu, dihadiri sejumlah undangan misalnya dari komunitas "Sawung Jabo & friends", Padepokan Lemah Putih asal Majalengke, Penasihat Perpusnas sekaligus mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Wardiman Djojonegoro, serta sejumlah seniman undangan lainnya. 
     
Para seniman itu menunjukkan atraksinya satu per satu di hadapan para pengunjung. Atraksi itu juga mendapatkan sambutan yang sangat baik, dimana para pengunjung yang datang semakin banyak dan mengikuti kegiatan itu hingga selesai.
     
Goa Selomangleng Kediri adalah salah satu situs yang berada di Kota Kediri. Di lokasi itu, selain terdapat goa, juga ada Museum Airlangga Kediri, serta beragam tempat wisata. Selain berwisata dengan beragam mainan, pengunjung juga bisa bisa belajar sejarah di museum tersebut. 
     
Saat akhir pekan, tingkat kunjungan di Goa Selomangleng Kediri bisa mencapai ratusan orang dari berbagai daerah di Kediri dan sekitarnya. Bahkan, tingkat kunjungan semakin tinggi jika bersamaan dengan kegiatan salah satunya pagelaran seni. 

Sumber : antarajatim.com