logo.png

Polres Kediri Kota Luncurkan Aplikasi "Panjalu Jayati"


 ANTARA News Jawa Timur

 Polres Kediri Kota Luncurkan Aplikasi
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (kiri) dengan Kepala Polres Kediri Kota AKBP Wibowo (kanan) saat peluncuran aplikasi baru berbasis android "Panjalu Jayati" di Mapolres Kediri Kota, Jawa Timur, Selasa (30/8). (foto Asmaul Chusna)
 
"Kami ingin selalu dekat dekat dengan masyarakat dimanapun berada dan kapanpun, tidak ingin informasi itu putus di tengah jalan. Kami harapkan semua keluhan masyarakat dapat ditindaklanjuti dengan adanya fitur pengaduan,"
 
Kediri (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Kediri Kota, Jawa Timur, meluncurkan aplikasi baru berbasis android "Panjalu Jayati" sebagai upaya mempermudah masyarakat untuk melaporkan ataupun memberikan informasi apapun ke aparat penegak hukum.
     
Kepala Polres Kediri Kota AKBP Wibowo, Selasa sore mengemukakan program tersebut terintegrasi dengan tiga pilar, yaitu Polres Kediri Kota, Pemkot Kediri Kota, serta Kodim 0809 Kediri.
     
"Kami ingin selalu dekat dekat dengan masyarakat dimanapun berada dan kapanpun, tidak ingin informasi itu putus di tengah jalan. Kami harapkan semua keluhan masyarakat dapat ditindaklanjuti dengan adanya fitur pengaduan," katanya ditemui setelah peresmian aplikasi itu di Mapolres Kediri Kota.
     
Ia mengatakan, sebenarnya di masyarakat banyak informasi yang bisa ditindaklanjuti. Selama ini, beberapa informasi hanya menjadi obrolan biasa saja, padahal cukup menarik.
     
Pihaknya pun sengaja membuat aplikasi ini. Saat ini, telepon canggih android sudah banyak dimiliki hampir semua masyarakat. Mereka bisa mengunduh serta mempelajari fitur yang ada.
     
Selain itu, dengan aplikasi tersebut masyarakat juga tidak harus datang ke Mapolres Kediri Kota, sehingga bisa lebih menghemat waktu. Semua informasi akan dicek, termasuk tingkat kebenarannya. Bahkan, kerahasiaan dari pelapor juga dijamin petugas. 
     
"Untuk pengaduan, silakan berikan pengaduan, karena ini juga sebagai fungsi kontrol kami. Setiap pengaduan ditindaklanjuti jajaran kami," ujarnya.
     
Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan apresiasi yang positif bagi Polres Kediri Kota yang telah membuat aplikasi ini. Hal ini tentunya bermanfaat, terutama lebih mendekatkan lagi pelayanan pada masyarakat.
     
"Kami mendukung sekali program ini. Dengan program ini, masyarakat lebih kenal teknologi. Kami pun juga ingin pelayanan publik hadir di tengah masyarakat setiap saat," ujar Abdullah.
     
Wali Kota juga mengaku tidak risau jika nantinya ada beragam keluh kesah warga yang masuk. Setiap informasi bukan menjelekkan tapi memberitahukan pada pemerintah daerah supaya bisa segera ditindaklanjuti.
     
Ia berharap, program ini juga bermanfaat, bukan hanya untuk Pemkot Kediri, melainkan juga seluruh yang terlibat, baik dari Polres Kediri Kota, serta Kodim 0809 Kediri. 
     
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Purnomosidi. Adanya program itu tentunya bisa memberikan keuntungan, salah satunya memberikan informasi tentang proses rekrutmen di kalangan TNI.
     
Kegiatan peluncuran aplikasi itu selain dihadiri tiga pilar yang terkait, yaitu dari Polres Kediri Kota, Pemkot Kediri, serta Kodim 0809 Kediri, juga berbagai tamu undangan.

Sumber : antarajatim.com