logo.png

Mobil Home Care Jemputan Gratis ke RS untuk Warga Tak Mampu di Kediri


DetikNews

Mobil Home Care, Jemputan Gratis ke RS untuk Warga Tak Mampu di KediriFoto: Andhika Dwi/detikcom

Kediri - Daerah punya upaya tersendiri dalam menangani kebutuhan warganya. Seperti di Kota Kediri, disiapkan mobil jemputan gratis bagi keluarga tak mampu yang sakit atau kecelakaan. Namanya mobil home care.

Mobil tersebut diberikan Pemkot Kediri ke RSUD Gambiran. Jumlahnya 4 unit. Satu di antaranya dijadikan kendaraan khusus untuk menjemput warga di rumah ke rumah sakit atau dari lokasi kejadian ke rumah sakit dan sebaliknya.

Pelayanan ini diberikan sejak Mei 2016. "Khusus untuk warga asli Kota Kediri, terutama untuk warga kondisi ekonominya lemah," ucap Wadir Umum dan Keuangan RSUD Gambiran Kota Kediri, Dadiek Sumardiyanto, Rabu (31/8/16).

Di dalam mobil tersebut, ada 3 orang. Satu sopir dan 2 perawat. Juga ada perlengkapan dan peralatan dalam penanganan gawat darurat.


 

Foto: Andhika Dwi/detikcom


"Satu standby di rumah sakit menunggu jika ada permintaan dari warga,' imbuh Dadiek.

Kabag Humas Pemkot Kediri, Apip Permana, menjelaskan pelayanan mobil Home Care merupakan terobosan Pemkot. "Selama ini, kesehatan memang jadi perhatian," jelas Apip.

Salah satu warga yang merasakan manfaat mobil ini adalah Budi. Pria yang berprofesi sebagai pengayuh becak di lingkungan Kelurahan Pojok Kota Kediri dibawa ke rumah sakit dengan mobil Home Care setelah jatuh dari atap rumah. Ketua RT setempat menghubungi RSUD Gambiran. Selang beberapa menit, mobil ambulans datang dan menbawa Budi ke rumah sakit.

"Kaki saya patah, pendarahan hebat. Nggak ada mobil, hanya pak Rt. Di rumah sepi, untung ada mobil ambulan gratis," ucap Budi. 
(ugik/try)


Sumber : detik.com