logo.png

Organda Kediri Berharap Ada Kredit Peremajaan Angkutan Kota


Organda Kediri Berharap Ada Kredit Peremajaan Angkutan Kota
 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
 
Bus sekolah gratis yang mulai dioperasikan mengangkut pelajar di Kota Kediri. 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Organda Kediri berharap Pemkot Kediri membantu memfasilitasi penyaluran kredit lunak untuk peremajaan angkutan kota (angkota) di Kota Kediri.

"Kami berharap pemilik angkota diberi kredit lunak untuk peremajaan angkota. Kendaraannya tidak perlu baru, tapi tahunnya lebih muda," ungkap Subur Santoso, Ketua DPC Organda Kediri kepada Surya, Senin (12/9/2016).

Dijelaskan Subur Santoso, kendaraan untuk peremajaan angkota tersebut diperlukan karena saat ini angkota yang masih beroperasi merupakan kendaraan tua.

"Kendaraannya tidak perlu baru, cukup carry keluaran 2005/2006 yang harganya sekitar Rp 30 jutaan. Kalau pengadaan mobil baru jelas tidak mampu," ungkapnya.

Saat ini angkota yang masih beroperasi di Kota Kediri telah berusia 25 tahun. "Mayoritas Zebra keluaran 1990. Hanya ada beberapa carry keluaran 2000," tambahnya.

Total masih ada sekitar 40 angkota yang beroperasi melayani 4 trayek angkutan dalam kota. Angkota ini sejak 2015 mendapatkan subsidi BBM dari Pemkot Kediri untuk angkutan gratis pelajar.

Karena dirasa masih kurang, Pemkot Kediri kemudian mengoperasikan 3 unit bus bantuan dari pusat untuk angkutan pelajar. Namun jalur angkutan bus gratis untuk pelajar ini berbeda dengan trayek angkota.

"Meski ada bus pelajar gratis tidak sampai berpengaruh terhadap operasional angkota di Kota Kediri," tambahnya.

Sementara Ferry Jatmiko, Kepala Dinas Perhubungan Kota Kediri menyebutkan, semenjak ada angkutan gratis, angka kecelakaan pelajar telah banyak berkurang.

Angkutan gratis pelajar menjadi upaya kami untuk menghidupkan angkota lagi dengan memberikan subsidi langsung kepada pengelola angkota.

"Setiap hari MPU yang melayani angkutan pelajar dapat bantuan bensin 6 liter," jelasnya.

Sejauh ini Pemkot Kediri masih mengkaji usulan dari Organda untuk melakukan peremajaan angkutan kota dengan kendaraan baru


Sumber : suryamalang.tribunnews.com