logo.png

RSUD Gambiran Kediri Adakan Penggobatan Gratis


ANTARA News Jawa Timur

  RSUD Gambiran Kediri Adakan Penggobatan Gratis
Kegiatan pengobatan gratis RSUD Gambiran Kediri di Kelurahan Blabak, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (17/9). (foto Asmaul Chusna)
 
 "Kami ingin dekatkan pelayanan ke masyarakat. Yang rawat jalan (di RSUD Gambiran Kediri) sehari bisa sampai 500 orang, jadi antrean berjam-jam. Dengan mendekatkan pelayanan, tentunya antrean bisa dikurangi," 
 
Kediri (Antara Jatim) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota Kediri, Jawa Timur, mengadakan pengobatan gratis di Kelurahan Blabak, Kecamatan Pesantren, Kediri, dan dihadiri ratusan warga di deerah setempat.
     
Direktur RSUD Gambiran Kediri Fauzan Adima mengemukakan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis itu dilakukan sebagai upaya mendekatkan pelayanan pada masyarakat. Rumah sakit jemput bola, sehingga masyarakat tidak terlalu jauh untuk berobat.
     
"Kami ingin dekatkan pelayanan ke masyarakat. Yang rawat jalan (di RSUD Gambiran Kediri) sehari bisa sampai 500 orang, jadi antrean berjam-jam. Dengan mendekatkan pelayanan, tentunya antrean bisa dikurangi," katanya saat ditemui dalam kegiatan pengobatan gratis itu, Sabtu.
     
Ia mengatakan, dalam kegiatan ini bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Kota Kediri. Secara total, terdapat 15 orang dokter yang dilibatkan untuk kegiatan tersebut.
     
Para dokter memeriksa setiap pasien yang berobat. Dari berbagai laporan, pasien yang sakit beragam misalnya keju linu, stroke, maupun beragam penyakit lainnya.
     
Secara umur, ia mengatakan mereka berasal dari beragam usia. Penyakit-penyakit itu sering terjadi pada warga, yang disebabkan karena kerja terlalu berat. Kondisi tersebut menyebbabkan kekakuan pada otot dan tulang. Hal tersebut juga diperparah dengan faktor usia, dimana usia yang lanjut kelenturan sel otot berkurang, fleksibilitas otot berkurang.
     
"Jika lanjut usia, kelenturan sel otot berkurang. Gizi juga memengaruhi, jika darah kurang bisa pengaruhi metabolisme di tubuh," ujarnya.  
     
Lebih lanjut, Fauzan mengatakan RSUD Gambiran mempunyai fasilitas ambulans gratis "Home care". Fasilitas itu gratis untuk warga yang kurang mampu, dimana di dalamnya juga dilengkapi alat-alat khusus untuk pasien. 
     
Pihaknya juga berharap, masyarakat juga tidak segan melaporkan jika ada warga miskin yang sakit dan belum mendapatkan pengobatan. Jika pasien menggunakan BPJS, rumah sakit juga mengikuti prosedur, pun demikian jika pasien menggunakan jaminan kesehan daerah.
     
Kegiatan pengobatan gratis tersebut diikuti ratusan warga di Kelurahan Blabak, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Mereka diperiksa satu per satu oleh tim medis dan mendapatkan obat.

Sumber : antarajatim.com