logo.png

80 Ribu Anak di Kota Kediri Segera Dapatkan KIA


AdaKitaNews

 

photo

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Dispenduk Capil Kota Kediri mencatat sekitar 80 ribu anak yang ada. Dalam waktu dekat, mereka diharuskan memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

Ida Indriyani Kepala Dinas Kependuduk dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Kediri memastikan KIA segera terealisasikan. Pasalnya, Sumber Daya Manusia (SDM) serta blangko kartu yang pengadaannya dengan sistem lelang sudah terpenuhi.

“Proses pencatatan identitas anak-anak yang akan mendapatkan KIA masih diverifikasi ditingkat RT dan RW. Kami juga sudah mempersiapkan petugas untuk mengikuti pelatihan-pelatihan baik di Pemprov maupun di Pusat langsung,” ujar Kepala Dispenduk.

Untuk kepengurusan KIA tersebut, menurut Ida, orangtua tidak harus datang ke Dispenduk. Karena, semuanya sudah diproses melalui perangkat Kelurahan lewat RT/RW. “Pemetaan kami, jumlah anak di Kota Kediri ada sekitar 80 ribu anak,” lanjut Ida Indriyani.

Sementara, hanya ada 50 Kota/Kabupaten se Indonesia yang akan menerapkan Kartu identitas Anak (KIA). Untuk tahap awal di Jawa Timur yang menjalankan program ini lebih awal adalah daerah yang angka kelahiranya sangat tinggi di antaranya Kota Kediri, Pasuruan dan Kota Malang.

 

Keterangan Gambar : Dispenduk Capil Kota Kediri


Sumber : adakitanews.com