logo.png

Mensos Resmikan Peluncuran E-Warong di Kediri


KBRN, Kediri : Menteri Sosial  Kofifah Indar Parawansa beserta rombongan meresmikan peluncuran e-Warong yang diprioritaskan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) yang digelar di Kelurahan Banjaran, Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (23/09/2016), yang sebelumnya juga ditandai dengan penyerahan bantuan rehab rumah layak huni dengan anggaran setiap penerima Rp 10 juta dan modal usaha sebesar  Rp 20 juta.

"Harapannya program e-Warong bisa berjalan sesuai target yang diharapkan sebanyak 300 pada akhir tahun ini dan bisa dirasakan oleh semua pihak," kata Menteri Sosial, saat memberikan sambutan.

Adapun e-Warong KUBE PKH yang dinaungi oleh Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS) dan dukungan aplikasi layanan Bank BNI untuk penyaluran bantuan sosial dan subsidi dari Pemerintah. Selain di Banjaran, e-Warung tersedia di Kelurahan Lirboyo, Kelurahan Ngronggo, dan Kelurahan Pesantren.

Wali Kota Kediri Abdullah Abubakar menyambut baik kehadiran e-Warong karena mendukung brand Kota Kediri sebagai the service city yang memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat maupun pendatang.

"Program e-Warong mendorong masyarakat kurang mampu untuk melakukan aktivitas ekonomi. Selaras dengan program Pemkot Kediri, melalui Prodamas 20% dana 50 juta per RT per tahun masyarakat dirangsang untuk wirausaha. Mereka membentuk kelompok usaha seperti  laundry, kue kering, dan foto kopi," katanya.

Untuk diketahui, selain penyerahan bantuan e-Warong, Mensos juga menyerahkan bantuan sembako untuk 200 orang masing-masing senilai Rp. 125.000, dana kompensasi WNI bekas Timor-Timur sebesar Rp. 10 juta tiap orang dan jumlahnya mencapai 27 ribu orang secara Nasional. 


Sumber : rri.co.id