logo.png

Waktu 12 Detik Rebut Poin Pelajar SD Menangkan Lomba Robotik Nasional


  • Waktu 12 Detik Rebut Poin Pelajar SD Menangkan Lomba Robotik Nasional
 

KBRN, Surabaya: Waktu terbaik 12 detik yang diraih membuat pelajar Sekolah Dasar berbasis Islami di Surabaya menjadi yang terbaik dalam ajang National Robotik Competion (NRC) yang digelar di Kediri, Jawa Timur pada 9 Oktober 2016 lalu.

Terdapat 109 tim yang tampil. Mereka beradu ketangkasan untuk menjadi yang tercepat mendapatkan poin.

"Ini yang luar biasa, kemarin kita hanya latihan dua hari Jum'at dan Sabtu saja. Alhamdulillah mereka juara satu," ungkap penanggung jawab ekstrakulikuler robotika SD Muhammadiyah 4/Pucang Surabaya, Endik Setiawan di Surabaya, Senin 10/10/2016.

Peserta didiknya ini lanjut Endi mampu memenangkan kategoro maze solving. Terdapat dua sesi yang diberikan. Dari kesempatan itu waktu terbaik ditorehkan yakni 12 detik dengan 10 poin diraih sempurna.

Sementara itu M Abian Ermasyah Siswa Muhammadiyah 4 Pucang mengatakan, robot yang dirancangnya bersama temannya Gerrad Verrel ini bukan tanpa kendala, selain pemrogaman yang membutuhkan waktu, masalah jalur juga menjadi permasalahan.

"Jadi robotnya mengikuti garis dan mengambil cek poin. Lumayan sulit, robot sering error, ketika berada di jalur tidak jalan," tambahnya.

Tidak hanya kali ini pelajar SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya menorehkan prestasi. Selain sekala Nasional, pelajar berbasis Islami ini juga sempat mengharumkan Indonesia pada ajang robotik Internasional.


Sumber : rri.co.id