img-20151022-wa0234-copyADAKITANEWS, Kota Kediri – TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) 97 Kodim 0809/Kediri membantu warga menanam padi di areal persawahan Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Senin (10/10). Kegiatan ini demi menjaga produksi pangan di Kediri dan sekitarnya tetap terjaga.

Kapten Inf Supriyadi selaku penanggungjawab kegiatan menjelaskan, alokasi karya bakti kali ini adalah membantu pembersihan lahan pertanian milik warga yang sudah usai masa panennya, dan nantinya areal persawahan ini akan kembali ditanami tanaman padi. Diperkirakan, lahan yang nantinya akan ditanami padi sekitar 4,2 hektar.

“Lahan sawah ini dimiliki oleh enam orang, yaitu Santoso, Jupriyanto, Tumini, Samirah, Suyoko dan Mujiati. Mereka rata-rata memiliki luas lahan sekitar 0,7 hektar,” jelas Kapten Inf Supriyadi

Kapten Inf Supriyadi menambahkan, mayoritas lahan milik warga tersebut ditanami tanaman jagung. Setelah masa panen jagung, TNI Kodim 0809 Kediri membersihkan sia-sia tanaman jagung dan langsung dibakar di areal persawahan. “Sisa tanaman jagung sengaja dibakar di areal persawahan, karena abunya nanti bisa membuat subur tanah dan pasti cocok untuk ditanami padi,” jelasnya.

TMMD angkatan 97 Kodim 0809/Kediri sebenarnya diproyeksikan di daerah Keluarahan Gayam Kota Kediri. Namun, demi mendekatkan diri dengan masyarakat anggota TNI juga membantu kegiatan masyarakat di Kelurahan sekitar Kelurahan Gayam.

“Karya bakti ini juga menjadi sarana meningkatkan partisipasi masyarakat setempat, khususnya dalam bergotongroyong, sehingga kelak dikemudian hari, segala aktifitas TMMD yang dilaksanakan sekarang, masih membekas dalam pikiran warga,” pungkas Kapten Inf Supriyadi.

 

Keterangan Gambar : TMMD anggkatan 97 Kodim 0809 Kediri membantu warga persawahan Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri mempersiapkan menanam padi.(foto : ist)