logo.png

Singkirkan 41 Tim Robot Pemecah Labirin Juara


Singkirkan 41 Tim, Robot Pemecah Labirin Juara
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Surabaya (beritajatim.com) -  Hanya dengan waktu 12 detik, robot rakitan dua siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya berhasil menjuarai National Robotik Competition (NRC) Kategori mazesolving, yang digelar di Kediri, Jawa Timur pada 9 Oktober 2016.

Penanggung jawab ekstrakulikuler robotika SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Endik Setiawan saat ditemui di laboratorium robotika di sekolah setempat, Senin (10/10/2016), mengatakan, robot yang diberi nama 'robo-robo' pada kategori mazesolving (pemecah labirin) ini ditugaskan untuk mengambil 10 check point dengan waktu paling cepat.

"Kategori kejuaraan ini setiap robot beradu ketangkasan untuk menjadi yang tercepat mendapatkan 10 poin. Dan robot kami yang luar biasa. padahal hanya berlatih dua hari Jumat dan Sabtu saja. Alhamdulillah mereka juara satu," kata Endik. 

Pada kategori tersebut, lanjutnya, tim robotika asuhannya berhasil menyingkirkan 41 tim yang berasal dari kalimantan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Ponorogo,  kediri, dan Bali. Dengan penorehan waktu terbaik yakni 12 detik dengan 10 poin diraih sempurna.

"Terdapat dua sesi yang diberikan panitia kepada setiap peserta. Tim dari sekolah Al-Azhar Surabaya menjadi pesaing terberat karena kecepatannya hampir menyamai tapi untuk ketangkasan, mereka hanya bisa meraih 6 check poin saja," lanjut Endik.

Sementara itu, peraih NRC, M Abian Ermasyah mengatakan, terdapat beberapa kendala pada robot yang dirancangnya bersama teman sekelasnya Gerrad Verrel.

"Kemarin disana sempat ada kenadala, pemrograman robot karena serinbg eror, ketika berada di jalur tidak jalan, tapi alhamdulillah kesulitannya bisa teratasi," kata Abian.

Selanjutnya, Gerrad Verrel Rafierly (11) mengatakan, setelah sukses pada NRC di SMA 7 Kediri, robot yang dirakitnya dengan biaya 5 juta ini akan diikutkan lomba tingkat nasional di Jakarta.

"Saya ingin mengharumkan nama Indonesia, makanya saya akan ikut kompetisi lagi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta tahun depan. Semoga ini bisa menjadi bekal untuk mengikuti kejuaraan international," pungkasnya.


Sumber : beritajatim.com