logo.png

Pemkot Siagakan Satgas 315 Atasi Bencana Alam


Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat pencanangan penanaman pohon di Bantaran Sungai Brantas bersama ratusan pelajar (foto: nanang)    Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat pencanangan penanaman pohon di Bantaran Sungai Brantas bersama ratusan pelajar (foto: nanang)
 
KEDIRI | duta.co - Selain keberadaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemerintah Kota Kediri juga memiliki Satgas Densus 315 di bawah Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) siap bekerja 24 jam mengantipasi rawan bencana seperti longsor dan pohon tumbang di jalan umum pada musim penghujan ini. 

Kepala DKP, Didik Catur menjelaskan pihaknya telah melakukan antisipasi termasuk memulai gerakan penanaman di sejumlah titik merupakan bagian dari reboisasi.
 
Memasuki musim penghujan ditambah angin yang cukup kencang, menjadikan sejumlah pohon di jalan protokol ambruk dan sisanya patah hingga menggangu pengguna jalan. Meski demikian kesigapan Satuan Tugas Detasemen Khusus 315 atau disingkat Satgas Densus 315 terbagi dalam tiga tim, siap diterjunkan untuk memantau dan diterjunkan saat musibah datang. 

“Kenapa disebut Satgas Densus 315, karena mengacu Perda No. 3 Tahun 2015. tentang penggelolaan sampah,” jelas Didik Catur di ruang kerjanya.
 
Bukan hanya bekerja saat terjadi musibah, Kepala DKP telah mendapat laporan dari Kepala Bidang Persampahan, Endang Kartikasari, selaku koordinator satgas, bila rutin melakukan pemangkasan dan pengeprasan sejumlah pohon besar yang dikhawatirkan ambruk atau jatuh saat terjadi hujan ataupun angin.

“Kami sangat berterima kasih atas partipasi masyarakat yang selalu aktif memberikan laporan atau pengaduan, bila terjadi bencana. Segera kami tindaklanjuti, karena merupakan kewajiban pokok Satgas Densus ini untuk terjun melakukan evakuasi di lapangan,” jelasnya.
 
Sejumlah titik di jalan protokol juga mulai dilakukan penanaman pohon, sebagai bentuk reboisasi menciptakan ruang terbuka hijau. Seperti di Taman Ngronggo, kini terus dilakukan perbaikan agar menjadikan salah satu tempat bermain untuk keluarga. 

Pihak DKP pun kini gencar menyelesaikan dua proyek taman kota, yaitu Taman Sekartaji dan Imperial Park berada persis di depan Taman Makam Pahlawan (TMP). “Semoga pembangunannya cepat selesai, setidaknya akan menjadi destinasi wisata keluarga dan kami dari DKP akan berusaha merawat dan menjaganya,” tegas Kepala DKP.

Sumber : duta.co