logo.png

Drum Band asal Kediri Unjuk Kebolehan di TMII


ANTARA News Jawa Timur

Drum Band asal Kediri Unjuk Kebolehan di TMII
Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar. (foto Asmaul Chusna)
 
"Mereka sudah persiapan dua pekan ini, menyelaraskan gerak, 'timing' atau pemilihan waktu, maupun 'blocking' lokasinya,"
 
Kediri (Antara Jatim) - Drum band Santa Maria asal Kediri, Jawa Timur, unjuk kebolehan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.
     
Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri Nur Muhyar, Minggu mengemukakan Kediri terpilih sebagai salah satu daerah yang diminta partisipasinya.
     
"Kediri bagian drum band, dan setelah kami koordinasikan dengan PDBI (Persatuan Drum Band Indonesia) Kediri dipilih dari Santa Maria," katanya di Kediri.
     
Ia mengatakan, SMP Santa Maria dipilih karena prestasinya. Berbagai penghargaan drum band telah diperoleh, salah satunya menjadi juara umum drum band tingkat provinsi.
     
Nur mengungapkan, mereka sudah latihan sejak dua pekan terakhir sebelum tampil di TMII pada Minggu hari ini. Mereka latihan, menyesuaikan dengan waktu yang diberikan panitia di TMII untuk tampil tersebut. 
     
Dalam kegiatan drum band tersebut, melibatkan 85 anak. Mereka memang telah tergabung di grup band, dengan berbagai tugas, baik sebagai penari maupun yang membawakan alat musik. 
     
"Mereka sudah persiapan dua pekan ini, menyelaraskan gerak, 'timing' atau pemilihan waktu, maupun 'blocking' lokasinya," ujarnya.
     
Nur juga menambahkan, penunjukan Kediri untuk memeriahkan acara di TMII tersebut sekaligus bisa sebagai ajang latihan bagi drum band tersebut, sebab sebentar lagi akan ada porda (pekan olahraga daerah) marching band. Mereka bisa bertemu dengan grup lainnya, sehingga bisa saling tukar pengalaman.
     
Selain itu, lanjut Nur, adanya kesempatan untuk pentas di TMII tersebut secara tidak langsung juga mengangkat nama Kediri hingga ke kancah nasional. Sebelumnya, kesenian tarian tradisional asal Kediri juga pernah tampil di TMII. 
     
"Ini sekaligus mengenalkan nama Kota Kediri, jadi bukan hanya yang tradisional, tapi kesenian marching band pun juga bagus. Kami pun juga menyemangati agar mereka memberikan yang terbaik," kata Nur.
     

Pihaknya juga sudah meminta agar dalam pentas mengenakan berbagai atribut yang menunjukkan identitas Kediri, sehingga pengunjung pun bisa mengetahui bahwa marching band tersebut dari Kediri.


Sumber : antarajatim.com