logo.png

154 Atlet Kota Kediri Berlomba pada Popda Jatim


ANTARA News Jawa Timur

154 Atlet Kota Kediri Berlomba pada Popda Jatim
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober, Jumat (28/10), di Goa Selomangleng, Kediri, Jawa Timur. (foto istimewa )
 
 "Para atlet akan berangkat pada 31 Oktober nanti, dengan didampingi 32 pelatih. Mereka sengaja berangkat sebelum pertandingan agar punya waktu untuk istirahat," 
 
Kediri (Antara Jatim) - Sebanyak 154 atlet asal Kota Kediri, Jawa Timur, akan berlomba di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jatim, yang akan di selenggarakan pada 1-6 November 2016 di Jember.
     
"Para atlet akan berangkat pada 31 Oktober nanti, dengan didampingi 32 pelatih. Mereka sengaja berangkat sebelum pertandingan agar punya waktu untuk istirahat," kata Kepala Seksi Olahraga Prestasi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Dibudparpora) Kota Kediri Suharlin di Kediri, Jumat.
     
Ia mengatakan, para alet sudah berlatih optimal sejak Juli 2016. Mereka pun berupaya dengan maksimal dengan harapan di popda nantinya bisa memberikan prestasinya yang terbaik.
      
Popda di Jember melombakan 14 cabang olahraga, yaitu atletik, renang, bola voli, sepak bola, basket senam dan panahan. Selain itu, cabang olahraga lainnya adalah pencak silat, karate, gulat, sepak takraw, tenis meja, tenis lapangan, serta bulu tangkis.
     
Suharlin juga menambahkan, untuk Kota Kediri semua cabang olahraga yang dipertandingkan diikuti. Namun, ada beberapa cabang olahraga memang diharapkan bisa menyumbang medali, misalnya atletik, senam, sampai sepak bola.
     
Pada Popda 2015, Kediri mendapatkan enam emas, empat perak, dan enam perunggu. Dengan capaian itu, diharapkan pada Popda 2016 ini perolehan medali penghargaan bisa lebih.
     
Selain itu, pihaknya pun menargetkan Kediri bisa masuk di lima besar. Target itu naik ketimbang perolehan pada 2015, dimana sat itu Kediri masuk sembilan besar. 
 
Pihaknya menyebut, target tersebut tidak muluk-muluk dan optimistis bisa terlampaui. Ia yakin para atlet mampu menunjukkan prestasinya yang terbaik, sebab mereka sudah berlatih dengan maksimal.
     
"Target harus bisa di lima besar, dan kami optimistis bisa meraihnya, sebab anak-anak yang ikut popda ini sebagian besar ikut di puslatkot (pusat pelatihan kota)," ujarnya.
 
Pihaknya juga menambahkan, pemerintah kota juga telah koordinasi dengan KONI Kota Kediri, terkait penghargaan yang akan diberikan pada atlet yang berprestasi. Namun, untuk bentuk pastinya, akan diserahkan ke KONI.
    
Para atlet tersebut telah mengikuti secara simbolis pelepasan sebelum bertanding di Popda Jatim 2016. Pelepasan itu dipimpin oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di wisata Goa Selomangleng, Kediri.

Sumber : antarajatim.com