dsc_12546-copyADAKITANEWS, Kota Kediri – Sekitar 500 pasangan warga Kelurahan Dandangan Kecamatan Kota Kediri, Minggu (30/10) bersumpah tetap setia. Hal ini guna terciptanya harmonisasi keluarga sehingga mampu menopang masyarakat yang produktif.

Pantauan tim Adakitanews.com, berada di sektor 2 PT Gudang Garam.,tbk, ratusan warga Kelurahan Dandangan berkumpul menjadi satu. Bukan hanya pasangan muda-mudi, justru pasangan yang sudah menikah dan mengajak anak-anaknya untuk bersumpah tetap setia. Kegiatan sumpah ini menjadi yang pertama kalinya ada di Kota Kediri yang sedang gencar menciptakan masyarakat Harmonis.

Suparno Kepala Kelurahan mengatakan, sumpah setia itu sekaligus menutup awal tahun hijriah yakni bula Suro. Menurutnya, sumpah tersebut bukan seperti sumpah orang menikah, tapi sumpah agar menjaga cintanya bukan hanya kepada suami istri tapi juga orang tua kepada anak dan anak kepada orang tua.

“Sumpah ini berbeda dengan sumpah akad pernikahan. Ini sumpah agar tetap setiap tapi bukan hanya suami istri saja, juga anak kepada orang tua. Kita melihat, zamannya sekarang sudah anak kepada orang tua saja banyak yang tidak saling menyapa mereka sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Makanya, kita minta mereka bersumpah itu agar menjauhkan gadgetnya dan mendekatkan keluarganya dengan cinta dan kasih sayang,” ujar Suparno.

Suparno yang didampingi sang istri dengan saling berpegangan tangan tanda cinta membacakan sumpah kesetiaan. Pembacaan ini langsung diikuti oleh ratusan warga yang disaksikan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri dan LPMK.

dsc_125933-copySetelah bersumpah, masyarakat Kelurahan Dandangan disajikan wayang kulit Dalang Ki Didik Wibisono dengan judul babat alas. Bukan hanya sajian wayang, warga juga disajikan untuk menikmati makanan yang sudah disediakan secara gratis.

Arif warga setempat yang mengikuti sumpah bersama istri dan anaknya mengaku senang dengan adanya sumpah tersebut. Pasalnya, dengan sumpah yang dibacakan itu mereka tidak bisa lagi mengingkarinya. Karena disaksikan langsung oleh ratusan masyarakat lainnya.

“Hati saya lega rasanya, sumpah yang kami bacakan tadi benar-benar masuk dalam fikiran saya. Saya sama istri akhirnya tadi ngobrol-ngobrol terus berjanji tidal akan mengingkari apa yang kami ucapkan dalam sumpah tadi,” kata Arif usai mengikuti sumpah.(ARK)

Keterangan Gambar : Kepala Kelurahan Dandangan Suparno bersama istrinya memimpin mebacakan sumpah setia.