Jakarta, 1 Shafar 1438/1 November 2016 (MINA) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kediri II dan Madrasah Alawiyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Gorontalo berhasil meraih juara pertama dalam kontes Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016 yang berlangsung di Mall of Indonesia Jakarta Utara.

Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama selaku penyelenggara memberikan mereka hadiah berupa uang senilai Rp7 juta dan memberangkatkannya untuk tamasya ke Jerman.

“Itu dalam rangka memotivasi memacu mereka untuk menjadi yang terbaik di antara peserta yang lain,” ujar Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) usai penyelenggaraan kontes. Jakarta, Senin (31/10) malam.

Lukman menambahkan, kunjungan ke Jerman ini juga bertujuan agar mereka bisa melihat negara lain yang sudah lebih maju dalam hal robotik, diharapkan mereka bisa menjadi sosok seperti BJ. Habibie yang mengharumkan nama bangsa.

“Selain memotivasi juga memperluas wawasan, karena di sana mereka akan mengunjungi pabrik-pabrik atau tempat-tempat yang membuka wawasannya bagaimana mengembangkan robot,” ujarnya.

Menag Lukman melihat, tidak hanya belajar soal agama, madrasah juga memiliki potensi yang besar dalam teknologi terutama di bidang robotik, karenanya kompetisi seperti itu dianggap sangatlah penting.

“Sekarang tinggal kita bagaimana membuat ajang kompetisi sebanyak mungkin sehingga potensi yang dimiliki bisa terartikulasi dengan baik,” katanya.

Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016 diikuti oleh 90 peserta dari 240 orang yang mendaftar peserta dibagi menjadi 45 tim, satu team berjumlah dua orang dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Sementara itu untuk juara 1 tingkat MI diberi hadiah satu set robotik seharga Rp12 juta dan uang tunai. MI MP UIN Jakarta meraih juara pertama, juara kedua didapat oleh MIN Demangan Madiun, dan MI Wahid Hasyim mendapat juara ketiga.

Dalam tingkat MTs, juara pertama diraih MTsN Kediri II, MTsN I Kota Bandung meraih juara kedua, dan MTsN Yogyakarta I meraih juara ketiga.

Tingkat MA, juara pertama diraih MAN Insan Cendekia Gorontalo, MAN 3 Tangerang di posisi kedua, dan MAN Model 2 Medan meraih tempat ketiga.