logo.png

Disbudparpora Kota Kediri rajin kirim seniman pelestari kebudayaan tradisional


 

 

LENSAINDONESIA.COM : Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Kediri rajin mengirim seniman untuk melestarikan kesenian tradisional. Di antaranya ikut Festival Nasional reyog Ponorogo ke XIII tahun 2016 yang diadakan oleh Kabupaten Ponorogo.

Nurmuchyar, Kepala Disbudparpora Kota Kediri mengatakan tiap tahun festival itu selalu diikuti oleh Pemkot Kediri. Termasuk festival kesenian yang lain. “Pemkot kediri ingin melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada,” kata Nurmuchyar, Sabtu (19/11/2016) malam.

Untuk diketahui Pemerintah Kota Kediri lewat Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga mengirim duta seni reyog pada ajang Festival Nasional Reyog Ponorogo XXIII 2016 yang diadakan Pemerintah Kabupaten Ponorogo pada 26 s/d 30 September 2016.
Untuk itu Disbudparpora Kota Kediri sering mengirim para seniman pada event – event dalam daerah maupun luar daerah termasuk dalam Festival Nasional Reyog Ponorogo XIII 2016.

Bertempat di Alun-Alun Ponorogo ini diikuti oleh 39 peserta meliputi 16 group dari lokal Ponorogo dan 23 group dari luar daerah. Untuk tahun ini tim dari Kota Kediri diwakili oleh group reyog “Satrio Tunggul Wulung” dan yang istimewa lagi Kota Kediri mendapat nomor peserta terakhir yaitu nomor 39.

Walaupun begitu tidak menyurutkan semangat para penari untuk menampilkan yang terbaik. Terbukti kontingen Kota Kediri berhasil tampil secara memukau. Mereka berhasil memikat hati dewan juri dan ribuan penonton yang memadati Alun-Alun Ponorogo.


Sumber : lensaindonesia.com