images-6ADAKITANEWS, Kota Kediri – Puluhan warga Kota Kediri telah mendaftar sebagai penghuni Rusunawa di Jl. Singosari, Kelurahan Dandangan, Kecamatan Kota Kediri. Karena masih dalam bulan-bulan Muharram (Suro menurut bahasa jawa) mereka belum berani menempatinya.

Apip Permana Kepala Bagian Humas Pemkot Kediri, Selasa (22/11) kepada Tim Adakitanews.com mengungkapkan, sejak dibuka pendaftaran beberapa waktu yang lalu tercatat 200 warga yang mendaftar.

“Mereka sudah mendaftar dan yang sudah membayar 52 keluarga. Merekalah seharusnya sudah menempati Rusunawa bulan Oktober kemarin, karena sudah menerima kuncinya,” jelas Apip

Sayangnya, mereka belum juga menempati Rusunawa tersebut. Apip menjelaskan, warga memilih hari yang tepat agar rumah yang nantinya akan ditempati selamat dari malapetaka. Seperti kepercayaan mayoritas masyarakat Jawa bulan Suro bukan hari baik untuk pindah rumah.

“Karena bulan Oktober itu bertepatan dengan bulan Suro, mereka akhirnya menunda pindah rumah,” tambah Apip Permana

Rusunawa yang sempat berhenti pembangunannya akan difungsikan akhir tahun ini. Hanya warga Kota Kediri yang berhak menempati Rusunawa yang harga sewanya paling murah Rp 100 ribu dan paling mahal Rp 120 ribu tersebut.