logo.png

Ruko di Bantaran Sungai Brantas Kediri Dirobohkan Tak Ada Perlawanan dari Penghuni


Surya Malang

Ruko di Bantaran Sungai Brantas Kediri Dirobohkan, Tak Ada Perlawanan dari Penghuni
 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
 
Alat berat merobohkan bangunan tembok yang ada di Ruko Bantaran Brantas, Kota Kediri, Selasa (22/11/2016). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Rumah toko di Bantaran Sungai Brantas Jl Mayjen Sungkono, Kota Kediri mulai dirobohkan. Sebuah alat berat dioperasikan untuk meratakan bangunan tembok yang masih berdiri, Selasa (22/11/2016).

Eksekusi penggusuran bangunan ruko ini mendapat penjagaan dari aparat kepolisian, Satpol PP serta Pengadilan Negeri Kota Kediri. Tidak ada perlawanan dari penghuni ruko yang dirobohkan petugas.

Untuk merobohkan bangunan dikerahkan sebuah alat berat dari Dinas PU Kota Kediri. Bangunan tembok yang masih berdiri kokoh satu persatu dirobohkan hingga rata dengan tanah.

Sebagian besar bangunan hanya menyisakan kerangka tembok. Sedangkan kusen pintu, jendela serta atap genting dan asbes yang masih dapat dimanfaatkan sudah terlebih dahulu dibongkar penghuninya.

Pembongkaran bangunan ini sesuai dengan deadline yang diberikan Pemkot Kediri kepada para penghuninya. Warga yang menghuni tidak mendapatkan ganti rugi untuk biaya pembongkaran.

"Tidak ada ganti rugi sama sekali kepada warga penghuni yang bangunannya digusur. Padahal kami sudah 30 tahun tidak dan membuka bengkel di tempat ini," ungkap Hasyim, salah satu warga terdampak.

Sementara Kepala Satpol PP Kota Kediri Ali Muklis membenarkan dalam pembongkaran bangunan memang warga  tidak mendapatkan uang ganti.

"Warga memang tidak dapat ganti rugi untuk biaya membongkar bangunan," jelasnya.

Eksekusi pembongkaran bangunan ruko berlangsung kondusif. Namun arus lalu lintas yang melintas di Jl Mayjen Sungkono sempat tersendat karena aktivitas pembongkaran bangunan ruko.

Kemacetan panjang terlihat mulai dari Jl Brawijaya, Jembatan Lama dari arah Mojoroto dan Jl Yos Sudarso. Sejumlah personel Satlantas Pelres Kota Kediri sudah bersiaga di sejumlah titik macet.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com