logo.png

Warga Antusias Sambut Operasional Rusunawa Dandangan di Kota Kediri


Surya Malang

Warga Antusias Sambut Operasional Rusunawa Dandangan di Kota Kediri
 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
 
Bangunan Rusunawa Dandangan Kota Kediri akhir tahun ini mulai difungsikan untuk tempat tinggal. 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Tahap pertama operasional Rusunawa Dandangan, Kota Kediri disambut antusias masyarakat. Dari satu bangunan twin block yang bakal dioperasikan sudah kebanjiran order masyarakat yang akan menyewa.

"Setidaknya sudah 200 surat formulir yang masuk ke UPTD Rusunawa. Sedangkan yang sudah mendapatkan kunci tercatat baru 52 penyewa," ungkap Drs Apip Permana, Kabag Humas Pemkot Kediri kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (22/11/2016).

Penyewa yang telah mendapatkan kunci karena telah lolos survei dan telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Selain itu sudah melunasi biaya sewa selama setahun.

Satu twin block yang bakal dioperasikan akhir tahun ini ada di bagian Gedung A dengan kapasitas 98 rumah susun.

"Tahap pertama baru satu twin block yang disiapkan. Sisanya bakal menyusul," tambahnya.

Petugas sendiri secara bertahap telah melakukan survei kepada para pemohon. Sementara prioritasnya untuk warga yang ada di Kelurahan Dandangan, Baluwerti dan Semampir.

Yang menarik diantara para pemohon penghuni rusunawa ada 5 warga dari RW 5 Kelurahan Semampir. Warga dari RW 5 ini yang rencananya bulan depan bakal digusur Pemkot Kediri.
Namun sejauh ini petugas UPTD Rusunawa masih belum melakukan survei lokasi.

"Warga yang menyewa rusunawa diseleksi secara ketat. Jika tidak memenuhi persyaratan tidak akan dikabulkan permohonannya," tambahnya.

Sementara warga yang telah mendapatkan kunci  baru sebagian kecil yang sudah mulai boyongan.

"Sebagian warga masih mempercayai adat pindah rumah setelah bulan Suro," tambahnya.

Tarif sewa rusunawa telah ditentukan untuk lantai 2 senilai Rp 120 ribu, lantai 3 senilai Rp 110 ribu, dan lantai 4 Rp 100 ribu per bulan. Sedangkan lantai dasar untuk tempat fasilitas umum.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com