logo.png

BNN Gelar Tes Urine Puluhan Petugas Lapas Kediri


 

KBRN, Kediri : BNN Kota Kediri menggelar tes urine saat terjadi pergantian petugas jaga di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kediri, Rabu (23/11/2016) malam.

Sedikitnya 47 petugas sebelum meninggalkan lokasi bekerja, diambil sampel urine di bawah pengawasan langsung Kepala Lapas, Hadian Eko Hidayat didampingi Kepala BNN, AKBP Lilik Dewi Indarwati. Hasilnya, semua petugas dinyatakan negatif.  

“Ini tadi kita melakukan sidak tes urine saat pergantian petugas jaga yang terbagi 2 regu dan petugas lainnya, dengan total 47 orang,” jelas AKBP Lilik Dewi Indarwati.     

Ditambahkan Kepala BNN, sebelum dilakukan sidak, para petugas sempat mendapat penyuluhan terkait narkoba dari tim BNN Kota Kediri.

"Niat baik dan keterbukaan juga disampaikan Kepala Lapas IIA, saat dirinya menggelar pertemuan dengan para penjaga kemudian tim BNN datang dan langsung melakukan tes urine," pungkasnya.

Terkait anggota yang terjerat narkoba, Hadian Eko Hidayat menjelaskan bahwa berdasarkan aturan di Kemenkum HAM, setiap pegawai yang terkena kasus narkoba, maka tidak ada ampunan kecuali diberhentikan dengan tidak hormat dan kasusnya dipidanakan. 

"Dari pengalaman sebelumnya, bila petugas terjerat narkoba, maka sesuai aturan di Kemenkum HAM, tidak ada alasan kecuali diberhentikan dengan tidak hormat dan kasusnya dipidanakan,” jelas Kepala Lapas IIA Kediri.


Sumber : rri.co.id