logo.png

Wali Kota Kediri : Motor Antik Bisa Menambah Kesan Romantis Kota Kediri


Surya Malang

Wali Kota Kediri : Motor Antik Bisa Menambah Kesan Romantis Kota Kediri
 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
 
Motor Antik Club Indonesia (Maci) Chapter Kediri menggelar pameran di Museum Airlangga, Kota Kediri, Sabtu (26/11/2016). 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Komunitas Motor Antik Club Indonesia (Maci) Chapter Kediri menggelar pameran motor-motor antik di Museum Airlangga, Kota Kediri, Sabtu (26/11/2016). Ada belasan motor antik yang dipamerkan di antaranya merk Zundap, Ducati, AJS Matchless, BMW,  BSA, Norton, Harley Davidson, dan Playmuth.

Rata-rata sepeda motor yang dipamerkan keluaran tahun 1960-an ke bawah. Namun kondisi mesinnya masih bagus serta dapat dioperasikan untuk jalan.

Para pemilik motor antik ini rata-rata penggemar barang antik yang tergabung dalam Maci. Komunitas ini biasa touring menggelar pertemuan dan kumpul bareng memajang sepeda motor antiknya.

Pemilik komunitas ini berharap sepeda motor antiknya mendapatkan perlindungan dalam wujud Peraturan daerah (Perda) Kota Kediri. Karena sebagian dari sepeda motor antik ini sudah tidak lengkap lagi dokumentasi surat kepemilikannya.

Humas Maci Kota Kediri Adnan Asmaradana menyebutkan, jumlah koleksi anggotanya saat ini mencapai 200 unit motor antik. Sedangkan mobil tua ada puluhan.

"Motor tua ada yang keluaran tahun 1940-an dan 1950-an. Sepeda motor tua ini punya nilai sejarah sehingga dilindungi Undang-Undang Cagar Budaya," ungkapnya.

Apalagi sudah ada sejumlah daerah yang telah memberlakukan Perda bagi sepeda motor tua. Sehingga pemiliknya tetap memberikan kontribusi kepada pajak untuk daerah.

"Banyak pemilik sepeda motor tua yang tidak ada surat-suratnya lagi. Karena sebelum Kantor Samsat berdiri, sepeda motor ini sudah lebih dahulu ada," ungkapnya.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan apresiasi pameran pemilik sepeda motor antik.

"Komunitas motor antik ternyata cukup besar. Kalau warga Kediribanyak memiliki motor antik bakal menambah keromantisan Kota Kediri," ungkapnya.

Terkait harapan pemilik motor antik dilindungi Perda Cagar Budaya sangat memungkinkan. Namun selama ini motor antik ini sudah dilindungi oleh para kolektor.

"Kami berharap komunitas motor antik sering menggelar pameran sehingga jadi sarana edukasi bagi masyarakat," tambahnya.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com