logo.png

Satukan Asumsi Dan Persepsi Dalam Bhinneka Tunggal Ika


KEDIRI – wartaekspres.com – Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0809/Kediri bersama PKK Kota Kediri berkomitmen untuk saling menjalin kesepahaman satu sama lain, dalam bentuk kegiatan maupun non kegiatan, pada silaturahmi Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kota Kediri, yang berlangsung hari ini di Aula Makodim Kediri.

Pada silaturahmi tersebut, juga diikuti oleh Ketua Persit KCK Kodim Kediri, Ny. Juanita Purnomosidi,  beserta wakilnya Ny. Joni Morwantoto (istri Kasdim Kediri), Ketua PKK Kota Kediri, Ny. Abdullah Abubakar (istri Walikota Kediri) dan Ketua GOW Kota Kediri, Lilik Muhibah (Wakil Walikota Kediri, serta anggota Persit KCK Kodim Kediri, Jumat (09/12/2016).

“Masyarakat Kota Kediri ini sangat beranekaragam, berbagai etnis dan berbagai agama berkumpul menjadi satu yang tidak mungkin dipisahkan satu sama lain, apalagi masyarakat Kota Kediri sangat kental dengan kerukunan antar umat beragama dan komunikasi tanpa batas lintas etnis. Baik bu Dandim (Ny. Juanita Purnomosidi) maupun bu Walikota (Ny. Abdullah Abubakar), harus menyatukan segala perbedaan yang melatarbelakangi instansi, guna melangkah secara pasti pada jalur kebersamaan, untuk menjadikan Kota Kediri yang nyaman dan tentram tanpa ada permasalahan yang berlatarbelakang beda etnis atau beda agama,” kata Lilik Muhibah.

Ny. Juanita Purnomosidi juga mengutarakan pendapatnya di hadapan anggota Persit KCK Kodim Kediri, bahwa keberagaman memang sudah dari awal terbentuk dan tidak mungkin dipisahkan, karena keberagaman itupun juga termuat dalam Bhinneka Tunggal Ika, sebagaimana konsekuensi hidup bersosial masyarakat di tengah-tengah lingkungan dimana kita tinggal.

Selain itu, komitmen menjaga persatuan dan kesatuan dari perbedaan itu sendiri sudah final dan absolut, karena Pancasila sendiri juga menegaskan dalam Sila Persatuan Indonesia yang menguatkan pondasi sebagai warga negara Indonesia yang tidak mencari permasalahan dari segala perbedaan, melainkan mencari solusi dalam persamaan.

“Komunikasi yang berjalan harmonis lintas organisasi wanita di Kediri sangat aktif, terbukti setiap kali peringatan yang melatarbelakangi instansi, seperti HUT TNI, HUT Bhayangkara, maupun hari jadi Kota Kediri, semua organisasi wanita berkumpul menjadi satu tanpa terkotak-kotak. Demikian juga komitmen dari Bu Dandim (Ny.Juanita Purnomosidi) untuk menjaga Bhinneka Tunggal Ika ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, harus kita dukung sepenuhnya, demi keutuhan negeri ini dan khususnya warga Kota Kediri,” kata Ny. Abdullah Abubakar.

Usai acara tersebut, juga diserahkan replika Persit Kartika Chandra Kirana, dari Ny. Juanita Purnomosidi kepada Ketua GOW Kota Kediri dan Ketua PKK Kota Kediri, sebagai bentuk persaudaraan lintas organisasi. Selain itu juga ditandatanganinya kesepahaman bersama untuk menjaga dan menegakkan Bhinneka Tunggal Ika di tengah-tengah kehidupan sosial bermasyarakat, khususnya di Kota Kediri.

 

Sumber : wartaekspres.com