logo.png

Pesepeda Sering Ngalah


KEDIRI KOTA - Dua minggu terakhir, Kota Kediri mulai punya jalur khusus untuk pesepeda. Ini terdapat di Jl Veteran, Kecamatan Mojoroto. Namun, sayang, para pesepeda belum bisa maksimal menikmatinya.

Penyebabnya, jalur itu banyak dipakai oleh pedagang kaki lima (PKL). Juga, untuk parkir kendaraan roda empat. Akibatnya, para pesepeda harus ngalah. Mereka harus berjalan ke tengah untuk menghindari gerobak PKL maupun kendaraan yang parkir di jalur tersebut. “Ada atau tidak ada jalur ini (jalur sepeda, Red), sama saja, Mas,” sebut Sri Jumaati, 46, warga Kelurahan Sukorame, Kecamatan Mojoroto.

Sri mengaku setiap hari selalu bersepeda melewati Jl Veteran. Tapi, keberadaan jalur khusus pesepeda itu tidak berdampak bagi dirinya. Sebab, selalu saja dia harus ngontel ke tengah jalan karena jalurnya sudah dipakai PKL atau mobil parkir.

Sejumlah PKL pun terkesan abai dengan jalur sepeda itu. Seperti Muntamah, penjual siomay yang sebagian gerobaknya memakan jalur tersebut. Dia mengaku, sudah bertahun-tahun posisi gerobaknya seperti itu. Walau, kini, menjadi di atas jalur sepeda. “Belum ada sosialisasi (harus bagaimana), Mas,” aku warga Sukorame ini.

Tapi, sebenarnya, Muntamah mengapresiasi keberadaan jalur khusus pesepeda itu. Sebab, Jl Veteran merupakan kawasan sekolah sehingga banyak siswa. “Kasihan anak sekolah yang bersepeda kalau kecelakaan,” katanya.

Atas hal ini, Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP M. Amirul Hakim mengaku telah diajak berkoordinasi oleh Dinas Perhubungan Kota Kediri terkait keberadaan jalur khusus pesepeda itu. Satlantas akan lebih berperan pada penertiban dan penindakannya. ”Nanti tentu ada sosialisasi dulu,” katanya. 


Sumber : radarkediri.jawapos.com