logo.png

Belum Diresmikan Tapi 3 Taman di Kediri Ini Sudah Ramai Dikunjungi Warga Apa Istimewanya?


Surya Malang

 
Belum Diresmikan, Tapi 3 Taman di Kediri Ini Sudah Ramai Dikunjungi Warga, Apa Istimewanya?
 
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
 
Anak-anak bermain di Taman Kediri Memorial Park di Jl PK Bangsa depan TMP, Kota Kediri. 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Masyarakat Kota Kediri mulai awal tahun ini dapat bersantai menikmati tiga taman kota. Ketiga taman yang baru selesai dibangun adalah Taman Pesantren, Taman Sekartaji, dan Taman Kediri Memorial Park. Meski belum diresmikan, taman kota ini mulai ramai dikunjungi warga.

Keluarga Agus (35) bersama istri dan kedua anaknya tampak menikmati Taman Kediri Memorial Park di Jl PK Bangsa. Taman yang dihiasi kolam di bagian depan ini tampak asri dengan arena bermain yang cukup lapang.

Kedua anak Agus, Rina (10) dan Sahrul (8) sambil berlarian juga tampak menikmati suasana taman. Ada sejumlah anak tangga untuk menuju ke menara yang ada di bagian pojok taman.

"Lokasinya cukup asyik untuk bersantai sambil momong anak-anak," ungkap Agus warga Pesantren.

Desain bangunan taman dengan nuansa tembok  dan ornamen bebatuan ini tetap teduh. Karena sejumlah pohon besar seperti pohon mahoni dengan diameter satu meter tetap dipertahankan.

Malahan untuk melestarikan pohon mahoni ini sengaja dibuatkan trap lantai kayu. Sehingga akar pohon tidak terganggu dengan pembangunan tembok beton.

Sebelumnya Agus bersama keluarga juga mendatangi Taman Pesantren yang berada di timur Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru. Lokasi taman yang luas ini juga sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Ungkapan senada disampaikan Ny Lilik (50) yang mengaku salut dengan ide pembangunan sejumlah taman kota.

"Kami berharap lokasi tanah yang masih ‘menganggur’ lebih baik dibangun taman," ungkapnya.

Namun Lilik menyarankan supaya dialokasikan lokasi tempat parkir yang memadai. Karena di Kediri Memorial Park tempat parkir untuk mobil kesulitan.

"Kami harus parkir di depan Tamam Makam Pahlawan (TMP) sehingga menyeberang jalan," tambahnya.

Lokasi Taman Kediri Memorial Park ini persis berada di depan TMP Kota Kediri. Taman ini dibangun memang untuk didedikasikan guna mengenang perjuangan para pahlawan yang dimakamkan di TMP.

Malahan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berencana untuk memahat nama-nama pahlawan yang dimakamkan di TMP pada dinding tembok.

"Nama pahlawan nanti kita grafir di dinding temboknya," jelasnya.

Sementara Taman Sekartaji merupakan taman lama yang telah direvitalisasi lagi. Dengan desain yang lebih artistik, taman ini semakin cantik karena lokasi untuk PKL menjadi lebih tertata. Ada taman bunga, pasir hias serta tempat sampah yang artistik.

Untuk membangun tiga taman kota dialokasikan dana pembangunan senilai Rp 10 miliar lebih. Ketiga taman kota itu semakin melengkapi taman kota yang lebih dahulu dibangun di kawasan Ngronggo.

Malahan tahun depan bakal dibangun lagi taman kota di lahan eks Lokalisasi Semampir yang saat ini telah digusur. Sedangkan kawasan water toren PDAM di depan Stadion Brawijaya bakal dikembangkan menjadi taman hutan kota.


Sumber : suryamalang.tribunnews.com